Purbalingga (ANTARA) - Kepolisian Resor Purbalingga menambah personel untuk mengamankan arus milir Lebaran 2024 yang melintas di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, khususnya ruas jalan menuju Tol Pemalang.

"Hari ini diprediksi merupakan puncak arus balik (milir, red) Lebaran 2024 sehingga jumlah kendaraan yang melintas akan mengalami peningkatan, terutama yang menuju Tol Pemalang," kata Kepala Bagian Operasi Polres Purbalingga Komisaris Polisi Tri Arjo Irianto di Purbalingga, Minggu.

Oleh karena itu, Polres Purbalingga menambah personel untuk mempertebal pengamanan di sejumlah pos strong point mulai dari Simpang Sirongge hingga Karangreja.

Ia mengatakan jumlah personel yang ditambahkan dalam pengamanan arus milir tersebut sekitar 130 orang.

Baca juga: BMKG imbau pemilir waspadai hujan di jalur selatan-tengah Jateng

Kendati demikian, cara bertindak aparat kepolisian dalam pengamanan puncak arus milir akan disesuaikan dengan kondisi lapangan.

Bahkan, Polres Purbalingga tidak menutup kemungkinan akan menerapkan sistem satu arah (one way) lokal sebagai upaya terakhir jika terjadi kemacetan total di ruas jalan menuju Tol Pemalang tersebut.

"One way lokal itu sebagai upaya terakhir, personel akan melakukan penarikan arus terlebih dahulu untuk mencegah kemacetan di jalur padat kendaraan," katanya menjelaskan.

Baca juga: Polisi: Arus milir di jalur Ajibarang menuju pantura lancar

Ia mengharapkan penambahan personel tersebut mampu mencegah kemacetan pada puncak arus milir yang melintas di wilayah Kabupaten Purbalingga khususnya ruas jalan menuju Tol Pemalang.

Dengan demikian, ruas jalan tersebut dapat dilalui kendaraan pemilir dengan lancar.

"Semoga tidak sampai terjadi kemacetan walaupun ada kepadatan arus kendaraan," kata Kabag Ops.

Baca juga: Pj Gubernur Jateng imbau pemudik tetap waspadai kondisi cuaca

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Banyumas Kompol Galuh Pandu Pandega Ferdiansyah mengatakan pemilir dari arah jalur selatan maupun jalur tengah Jateng yang hendak kembali ke Jakarta melalui Tol Pejagan dapat memanfaatkan Tol Pemalang melalui Purbalingga.

Hal itu untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan di Ajibarang, Kabupaten Banyumas, yang merupakan titik pertemuan arus milir dari arah jalur selatan maupun jalur tengah yang akan menuju jalur pantura atau Tol Pejagan melalui ruas jalan Ajibarang-Bumiayu.

"Bagi pemilir yang berada di jalur selatan, sesampainya di Simpang Buntu silakan belok kanan ke arah Banyumas, kemudian Sokaraja, Purbalingga, dan selanjutnya menuju pintu Tol Gandulan di Pemalang," katanya di Ajibarang, Banyumas, Sabtu (13/4) malam.

Sementara pemilir di jalur tengah, sesampainya di Simpang Klampok, Kabupaten Banjarnegara, dapat berbelok ke kanan menuju Purbalingga dan selanjutnya ke arah Pemalang.

Akan tetapi, jika pemilir di jalur tengah telah sampai di Simpang RSUD Banyumas dapat mengambil rute ke arah Sokaraja, kemudian Purbalingga, dan selanjutnya menuju Tol Pemalang.

Baca juga: Arus milir Tol Cipularang dan Padaleunyi diprediksi 520 ribu kendaraan
Baca juga: Polisi: Satu arah arus milir dari Kalikangkung mulai 13 April

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024