Pemudik yang baru pulang dari kampung halaman tetap harus menjaga stamina. Jangan euforia dari Bakauheni turun di Merak lancar langsung kebut
Bakauheni, Lampung (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian RI Inspektur Jenderal Polisi Aan Suhanan mengingatkan pengendara roda dua dan roda empat agar tetap menjaga stamina saat perjalanan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Pemudik yang baru pulang dari kampung halaman tetap harus menjaga stamina. Jangan euforia dari Bakauheni turun di Merak lancar langsung kebut," kata Suhanan kepada wartawan di Pelabuhan Bakauheni Lampung, Minggu.

Aan Suhanan berada di Pelabuhan Bakauheni Lampung, bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, serta Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi untuk memantau kondisi arus balik di pelabuhan setempat.

Ia menjelaskan, pihaknya telah memantau kondisi lalu lintas pada sejumlah jalur jalan yang dilalui pengendara pada masa arus balik dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa.

Situasi lalu lintas, kata Suhanan melanjutkan, dari arah Sumatera Selatan menuju Pelabuhan Bakauheni maupun dari Pelabuhan Merak menuju DKI Jakarta masih cukup lancar.

Artinya, katanya, pada pengendara yang melakukan perjalanan saat arus balik agar tetap menjaga stamina tubuh serta mengendalikan kecepatan agar terhindar dari risiko kecelakaan.

"Keselamatan menjadi hal yang utama sehingga bisa sampai ke tempat tujuan," katanya.

Lebih lanjut, Suhanan mengatakan, untuk mendukung kelancaran arus balik maka pemberlakuan kebijakan pembatasan kendaraan besar (sumbu 3) juga masih berlangsung hingga 16 April 2024.

"Jadi para kapolda, para dirlantas, sampai tanggal 16 pastikan agar tidak ada kendaraan sumbu 3 ke atas kecuali yang beroperasi mengarah ke Merak maupun di jalur arteri," katarnya.

Suhanan juga mengapresiasi berbagai pihak terkait yang terus meningkatkan koordinasi dalam melayani arus balik di Pelabuhan Bakauheni sehingga hingga saat ini berlangsung dengan baik.

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024