Kami prediksi jumlah penumpang akan tetap tinggi hingga Rabu (17/4) karena pada tanggal tersebut beberapa KA yang keberangkatannya dari Daop 9 Jember habis terjual
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember memprediksi hari Minggu ini atau H+3 Lebaran menjadi puncak arus balik penumpang dengan menggunakan kereta api di sejumlah stasiun wilayah Daop 9 Jember sepanjang Pasuruan hingga Ketapang Banyuwangi.

"Hingga pukul 14.00 WIB tercatat sebanyak 11.218 penumpang sudah diberangkatkan dari wilayah Daop 9 Jember dan angka itu masih akan bertambah hingga tengah malam seiring masih adanya keberangkatan KA pada jadwal berikutnya," kata Manajer Hukum dan Humas Daop 9, Cahyo Widiantoro di Jember, Minggu.

Baca juga: Puncak arus balik di jalur Puncak menuju Jakarta sudah terlewati 

Menurutnya ada beberapa instansi perkantoran, pabrik maupun instansi pendidikan yang sudah memulai kembali aktivitasnya pada Senin (15/4), sehingga terjadi kepadatan penumpang di sejumlah stasiun Daop Jember.

"Kami prediksi jumlah penumpang akan tetap tinggi hingga Rabu (17/4) karena pada tanggal tersebut beberapa KA yang keberangkatannya dari Daop 9 Jember habis terjual," tuturnya.

Ia mengatakan beberapa kereta api jarak jauh seperti KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon, KA Wijayakusuma relasi Ketapang Banuwangi-Cilacap, KA Mutiara Timur relasi Ketapang-Surabaya Pasar Turi, dan KA Pandalungan relasi Jember-Jakarta tiketnya sudah habis terjual.

"Selama arus balik dari 11 April hingga 14 April (H+3 Lebaran) di Daop 9 Jember telah memberangkatkan sebanyak 43.723 penumpang, sedangkan penumpang tiba di Daop 9 Jember mencapai 44.135 orang," katanya.

Baca juga: Pedagang dekat Stasiun Pasar Senen raih pendapatan dobel saat Lebaran

Cahyo menjelaskan, angka penumpang naik dan turun yang tidak selisih jauh menunjukkan selama empat hari arus balik banyak warga yang melakukan mudik ataupun balik lokal di wilayah Daop 9 Jember, mulai dari Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember maupun Banyuwangi.

"Kami telah melakukan beberapa langkah dalam menghadapi meningkatnya jumlah penumpang di antaranya peningkatan keamanan baik di stasiun maupun pada jalur kereta api," ujarnya.

Ia mengatakan, pihak KAI berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasa transportasi kereta api selama angkutan Lebaran 2024.

"Kami mengimbau kepada para penumpang untuk memperhatikan dengan cermat jadwal keberangkatan dan kedatangan, serta meluangkan waktu untuk datang lebih awal ke stasiun agar tidak ketinggalan dari kereta," katanya.

Baca juga: Menhub apresiasi pelayanan arus balik di Pelabuhan Panjang

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024