Pengalihan arus milir tersebut dilakukan oleh Polresta Banyumas untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan pemilir di Ajibarang, Kabupaten Banyumas
Cilacap (ANTARA) - Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Cilacap Kompol Nunung Farmadi mengatakan arus milir menuju Bandung/Jakarta di jalur selatan Jawa Tengah ruas Buntu-Sampang pada H+3 Lebaran landai karena sebagian arus dialihkan ke arah Tol Pemalang melalui Purbalingga.

"Hingga saat ini arus milir di wilayah Cilacap khususnya ruas Buntu-Sampang masih landai karena di Simpang Buntu dilakukan pengalihan arus ke arah Purbalingga oleh Polresta Banyumas," kata Kasatlantas Polresta Cilacap Kompol Nunung Farmadi di Cilacap, Minggu sore.

Baca juga: Dishub Kota Cirebon: 43.474 kendaraan menuju Jakarta di H+4 Lebaran

Menurut dia, pengalihan arus milir tersebut dilakukan oleh Polresta Banyumas untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan pemilir di Ajibarang, Kabupaten Banyumas, akibat pertemuan arus dari arah jalur selatan dan jalur tengah yang hendak menuju Tol Pejagan di Brebes melalui ruas jalan Ajibarang-Bumiayu seperti yang terjadi pada Sabtu (13/4) siang hingga malam hari.

Kendati suasana arus milir terpantau landai, dia mengimbau pemilir tujuan Bandung/Jakarta melintas di jalur selatan Jateng khususnya ruas jalan yang melintasi wilayah Kabupaten Cilacap untuk tetap berhati-hati dan selalu waspada karena terjadi hujan sejak Minggu (14/3) siang.

"Seperti saat melintasi perlintasan sebidang Randegan di ruas Buntu-Sampang, pemilir bersepeda motor diimbau untuk berhati-hati agar tidak tergelincir karena rel kereta api yang posisinya menyerong itu sering kali licin ketika hujan," katanya.

Ia mengatakan pihaknya telah menempatkan personel untuk mengatur arus milir yang melintas di perlintasan sebidang Randegan agar terhindar dari risiko kecelakaan.

Lebih lanjut, dia memperkirakan Minggu (14/4) malam merupakan puncak arus milir di jalur selatan Jateng karena volume kendaraan yang melintas mengalami peningkatan jika dibandingkan hari Sabtu (13/4).

Baca juga: Perlengkapan sederhana yang harus ada di mobil saat terjang arus balik

"Mungkin kalau Polresta Banyumas tidak mengalihkan arus, arus kendaraan yang melintas di wilayah Cilacap khususnya ruas Buntu-Sampang hari ini lebih padat dibandingkan kemarin," kata Kasatlantas.

Sebelumnya, Kasatlantas Polresta Banyumas Kompol Galuh Pandu Pandega Ferdiansyah mengimbau pemilir dari arah jalur selatan maupun jalur tengah Jateng yang hendak kembali ke Jakarta melalui Tol Pejagan agar mengubah rute perjalanan dengan memanfaatkan Tol Pemalang melalui Purbalingga.

Menurut dia, hal itu untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan di Ajibarang, Kabupaten Banyumas, yang merupakan titik pertemuan arus milir dari arah jalur selatan maupun jalur tengah yang akan menuju jalur pantura atau Tol Pejagan melalui ruas jalan Ajibarang-Bumiayu.

"Bagi pemilir yang berada di jalur selatan, sesampainya di Simpang Buntu silakan belok kanan ke arah Banyumas, kemudian Sokaraja, Purbalingga, dan selanjutnya menuju Pintu Tol Gandulan di Pemalang," katanya di Ajibarang, Banyumas, Sabtu (13/4) malam.

Sementara di pemilir di jalur tengah, sesampainya di Simpang Klampok, Kabupaten Banjarnegara, dapat berbelok ke kanan menuju Purbalingga dan selanjutnya ke arah Pemalang.

Akan tetapi jika pemilir di jalur tengah telah sampai di Simpang RSUD Banyumas dapat mengambil rute ke arah Sokaraja, kemudian Purbalingga, dan selanjutnya menuju Tol Pemalang.

Baca juga: Arus kendaraan di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang padat

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024