Batam (ANTARA) - Pelabuhan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Telaga Punggur, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) menyiapkan dua kapal tambahan untuk rute Tanjunguban - Punggur Batam pada puncak arus balik mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

General Manager ASDP Telaga Punggur, Nana Sutisna, di Batam, Ahad, mengatakan selain menambah armada kapal, pihaknya juga menambah trip perjalanan kapal untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang pada saat puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada Senin (15/4).

"Kita memang biasa untuk yang ada empat kapal. Namun untuk saat ini kita tambah dua, jadi enam kapal untuk Tanjunguban-Punggur Batam dan itu pun sampai kita lakukan ekstra trip sampai jam dua pagi," kata Nana.

Ia menjelaskan pada arus balik ini banyak masyarakat yang memilih datang lebih awal, sehingga pada pukul 04.00 WIB antrean kendaraan di pelabuhan sudah penuh.

"Jam tiga pagi sudah berdatangan lagi yang antre, bahkan jam empat pagi area parkir sudah terpenuhi dengan antrean kendaraan roda empat. Itu terlihat memang para pengguna jasa itu sengaja datang awal menuju ke pelabuhan Tanjunguban ASDP," ujar dia.

Nana menyampaikan, untuk jam pelayanan normal atau tidak dalam keadaan momen mudik, ASDP melayani penumpang hingga pukul 20.00 WIB.

"Kalau normal Senin-Kamis itu biasanya jam 6-7 malam. Namun di saat Sabtu Minggu itu sampai jam 8 malam. Tapi kalau tiba-tiba memang ada liburan panjang, kita lakukan ekstra trip," kata dia.

Baca juga: Arus balik penumpang bersepeda motor di Pelabuhan Bakauheni naik

Baca juga: ASDP Ketapang-Gilimanuk mulai hari ini "skrining" kendaraan roda empat

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024