Semua petugas standby dan otomatis dilakukan penambahan saat penumpang melonjak.
Jakarta (ANTARA) - Pelabuhan Tanjung Priok menyiapkan petugas tambahan sesuai kebutuhan apabila terjadi lonjakan penumpang arus balik Lebaran 2024.

“Setiap hari KSOP (Kepelabuhanan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) ada 6 orang, (petugas) navigasi 2 orang, polres (kepolisian resor) serta AL (Angkatan Laut) 2 orang, Brimob (Brigade Mobile) sekitar 4 orang. Apabila saat lonjakan, maka otomatis akan bertambah sesuai kebutuhan di lapangan, jalur WA (WhatsApp) grup komunikasi,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut dan KSOP Utama Pelabuhan Tanjung Priok Wim Hutajulu, di Jakarta, Minggu.

Per hari ini, katanya, tercatat total penumpang cukup tinggi sebanyak 1.705 orang dan 663 motor yang berasal dari Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang, Jawa Tengah menuju tujuan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Sebanyak 1.705 orang penumpang peserta arus balik mudik gratis terdiri dari 1.281 penumpang dewasa, 284 anak-anak, serta 140 balita yang diberangkatkan menggunakan kapal KM Dobonsolo yang akan sampai pada malam nanti.

Selain itu, KM Kelud juga akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok yang menurunkan 1.800 penumpang dari Belawan di Medan, Sumatera Utara, dan Batam di Kepulauan Riau.

“Semua petugas standby dan otomatis dilakukan penambahan saat penumpang melonjak,” ujar Wim.

Pihaknya memastikan bahwa seluruh kapal yang digunakan sudah dilakukan pengecekan oleh syahbandar, dan layanan fasilitas turut sudah disiapkan seperti ruang dengan pengatur udara (air conditioner/AC), toilet yang bersih, serta pengaturan lalu lintas penumpang.

Di Pelabuhan Tanjung Priok, pihaknya juga telah membentuk posko angkutan Lebaran dalam rangka melakukan pengamanan dengan melibatkan antara lain pihak Polres, TNI AL, navigasi, hingga perusahaan pelayaran.

“Ikuti semua aturan saat di pelabuhan maupun di kapal, agar sampai tujuan dengan selamat,” ujar dia.
Baca juga: Awak kapal di Tanjung Priok rutin diperiksa kesehatan saat musim mudik
Baca juga: Pelabuhan Tanjung Priok siapkan tiga bus TransJakarta saat arus balik


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024