Singapura (ANTARA News) - Uzbekistan dan Oman merebut kemenangan dramatis menjelang akhir pertandingan untuk lolos ke Piala Asia 2015 pada Selasa, tapi nasib China masih menggantung setelah bermain imbang 0-0 dengan Arab Saudi.

Oman harus menunggu hingga satu menit saat "injury time" untuk mengamankan kemenangan 1-0 atas Suriah, sementara Uzbekistan mencetak dua gol pada enam menit terakhir untuk menundukkan Hong Kong 2-0.

Dengan hasil-hasil tersebut, Oman dan Uzbekistan, yang semifinalis pada 2011, menjadi tim kedelapan dan kesembilan yang mencapai turnamen pada 2015 di Australia itu.

Tim tuan rumah Australia, juara bertahan Jepang, Korea Utara dan Selatan, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Arab Saudi sebelumnya sudah memastikan lolos, dengan tiga tim lagi bisa bergabung dengan mereka setelah pertandingan Selasa.

Bagaimanapun, China masih harus menunggu pertandingan terakhir kualifikasi melawan Iran pada Maret mendatang, sebelum memastikan apakah mereka bisa lolos ke Piala Asia untuk ke-11 kali secara beruntun.

Juara Asia tiga kali Iran dan Qatar yang tuan rumah Piala Dunia 2022, keduanya hanya memerlukan hasil imbang untuk lolos, saat mereka masing-masing menghadapi Lebanon dan Malaysia.

Kuwait juga akan bisa lolos jika mereka dapat mengalahkan Thailand, selama Iran juga meraih kemenangan pada pertandingan kedua terakhir itu, demikian AFP. (Uu.I015/Z002)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013