Jakarta (ANTARA) - Bek kiri Indonesia yang bermain untuk klub Belanda Heerenveen, Nathan Tjoe-A-on dipastikan dapat memperkuat timnas U-23 pada Piala Asia U-23, yang akan dimulai Senin.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan bahwa Heerenveen setuju untuk melepas Nathan pada 14 April, atau sehari sebelum laga perdana timnas Indonesia U-23 melawan tuan rumah Qatar. Saat ini, pemain 22 tersebut dikabarkan sedang melakukan perjalanan menuju Qatar.

“Kami baru mendapat kabar baik bahwa Nathan bisa tampil di Piala Asia U-23. Nathan akan bergabung di Doha tanggal 15 pagi,” kata Erick dalam keterangan tertulis resmi yang diterima pewarta.

“Itu artinya PSSI berupaya semaksimal mungkin agar pemain-pemain dapat bergabung, baik pemain dari Liga 1, maupun yang bermain di luar negeri. Dan saya bersyukur, meski membutuhkan waktu, tapi hampir semua pemain dilepas klubnya,” tambah Erick.

Nama Nathan sempat tidak masuk dalam daftar pemain yang dibawa Pelatih Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan di Dubai pada awal April. Namun dalam daftar yang diperbarui, nama Nathan kemudian masuk.

Saat AFC merilis skuad timnas Indonesia U-23 untuk berpartisipasi di Piala Asia U-23 pada 10 April silam, nama Nathan kembali tidak berada dalam daftar. Dalam jajaran pemain bertahan, nama-nama yang tercantum adalah Ilham Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, Komang Teguh Trisnanda, Rizky Ridho, Justin Hubner, Pratama Arhan, Kakang Rudianto, Dony Tri Pamungkas, dan Dzaky Asraf.

Dari nama-nama pemain bertahan di atas, Justin Hubner sejauh ini masih belum dapat bergabung dengan timnas U-23, karena tenaganya masih diperlukan klub barunya, Cerezo Osaka.

AFC sendiri diketahui mengizinkan perubahan skuad final tim peserta Piala Asia U-23 sampai maksimal enam jam sebelum pertandingan pertama yang dimainkan.

Tim Garuda Muda akan memulai perjalanannya di Piala Asia U-23 dengan meladeni Qatar sebagai lawan pertama di Grup A pada Senin (15/4), sebelum bertemu Australia pada 18 April dan menutup fase grup dengan menantang Jordania pada 21 April.

Baca juga: 38 pesepak bola dipanggil untuk seleksi Tim Nasional U-17 Putri

Baca juga: PSSI enggan pasang target untuk timnas putri pada Piala Asia U-17

Baca juga: Pelatih Nova Arianto incar keberhasilan di Piala Asia U-17 tahun depan


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024