Garut (ANTARA) - Kepolisian Resor Garut melakukan pengaturan dan 19 kali pemberlakuan satu arah dengan menarik arus kendaraan prioritas dari Garut menuju Bandung, Jawa Barat sejak Minggu (14/4) sampai Senin dini hari, untuk mengurai kepadatan arus balik kendaraan di akhir libur Lebaran 2024.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi di Garut, Senin mengatakan, arus kendaraan terpantau padat yang didominasi dari arah Tasikmalaya menuju Bandung, maupun dari arah Garut Kota menuju Bandung, sehingga diberlakukan beberapa kali satu arah dari pagi sampai tengah malam tembus dini hari.

"Jalur Malangbong dilaksanakan kegiatan 'one way' pada pukul 23.30 - 02.00 dari arah Tasikmalaya menuju Bandung untuk titik 'pending' Malangbong, Pananjung, untuk waktu 'one way' 2 jam 30 menit," kata Aang.

Baca juga: Arus balik kendaraan di Bakauheni mulai lengang pada Senin pagi

Ia menyampaikan upaya memberlakukan satu arah itu mampu menguras arus kendaraan di jalur nasional dari arah Tasikmalaya menuju Bandung sehingga arus lalu lintas kembali normal.

Selama pengamanan arus balik itu, kata dia, sudah 19 kali dilakukan satu arah prioritas dari arah timur ke barat dengan durasi waktu situasional 15 menit sampai 2,5 jam.

Ia menyebutkan jalur yang diberlakukan satu arah yakni di jalur nasional seperti Malangbong, Bandrek, Lewo, dan Limbangan sampai ke arah Nagreg, Kabupaten Bandung.

Selanjutnya diberlakukan beberapa kali satu arah di jalur provinsi lintas Garut-Leles-Kadungora mengarah ke Nagreg, Bandung.

Aang menyampaikan kepadatan arus kendaraan yang mulai landai saat dini hari itu, kini kembali terjadi kepadatan Senin pagi dari timur menuju barat atau Bandung.

"Sekarang sudah padat lagi dari timur ke barat, kita urai lagi di Malangbong," katanya.

Ia menambahkan kondisi kepadatan arus lalu lintas kendaraan di jalur wilayah Garut diprediksi berakhir hari ini, bersamaan dengan berakhirnya libur panjang Lebaran.

Seluruh jajaran Polres Garut, kata dia, dipastikan terus bersiaga di jalur untuk melakukan pengamanan dan pengaturan agar arus lalu lintas kendaraan tetap lancar, aman, dan selamat.

"Untuk prediksi hari ini hari terakhir untuk arus balik," katanya.

Baca juga: Sekda Banyumas: Milir gratis bentuk kehadiran negara fasilitasi warga
Baca juga: Disnav Bali kerahkan dua kapal negara angkut pemilir dari Madura
Baca juga: Terminal Mengwi jadi pilihan saat tiket pesawat Bali-Jakarta habis

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024