Brussels (ANTARA News) - Dua orang tewas, Selasa sore (19/11), dalam ledakan di kilang minyak Total di Antwerpen, Belgia Utara, kata perusahaan raksasa minyak Prancis tersebut.

Ledakan itu terjadi di satu sistem uap di unit produksi bensin, kata Total di dalam satu pernyataan. Dua karyawan perusahaan subkontraktor tewas dalam peristiwa tersebut, katanya.

Beberapa laporan sebelumnya yang mengutip perusahaan itu mengatakan satu orang tewas dan dua orang lagi hilang setelah kecelakaan tersebut --yang terjadi sekitar pukul 14.00 GMT (21.00 WIB).

Masalah kebocoran yang terjadi selama beberapa hari pada katup turbin uap diduga menjadi penyebab kecelakaan itu, demikian laporan harian setempat Gaze van Antwerpen, sebagaimana dikutip Xinhua, Rabu pagi.

Kilang minyak tersebut, yang berada di daerah pelabuhan Antwerpen, adalah yang terbesar dan paling rumit milik perusahaan itu, yang terbesar ketiga di Eropa. Instalasi tersebut setiap tahun dapat mengubah 17 juta ton minyak mentah menjadi bahan bakar dan bahan mentah buat industri petrokimia.

Kilang itu "dikosongkan", instalasinya "menghentikan operasi" dan "tak ada dampak pada lingkungan hidup", kata Total.

Daerah pelabuhan Antwerpen adalah pusat petrokimia Eropa, tempat keberadaan kilang dan tangki milik Total, Shell, BASF dan raksasa lain industri perminyakan.

(C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013