Bakauheni, Lampung (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyeberangkan sebanyak 387.204 penumpang kapal dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa selama kurun waktu 11-14 April 2024.

"Rata-rata jumlah penumpang per hari sebanyak 98.801 orang," ujar Sekretaris PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dalam rilis data yang diterima di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Senin.

Para penumpang yang diseberangkan terdiri atas penumpang pejalan kaki sebanyak 35.238 orang dan dalam kendaraan 351.966 orang yang diseberangkan dari Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang, Lampung, ke Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan, Banten.

Baca juga: ASDP seberangkan 38.388 unit kendaraan R2-R4 ke Merak pada 14 April

ASDP mengoperasikan sebanyak 37 kapal dengan total perjalanan sebanyak 474 kali untuk menyeberangkan para penumpang tersebut.

Selain penumpang, jumlah kendaraan yang diseberangkan ke Jawa terdiri atas roda dua (R2) sebanyak 41.963 unit, roda empat (R4) 47.318 unit, truk 2.466 unit, dan bus 1.278 unit.

Selama pelayanan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, ASDP menyediakan sebanyak 66 kapal dengan jumlah yang beroperasi disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

Sebelumnya, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan selain pelayanan arus balik, pihaknya juga memperhatikan aspek cuaca untuk penyeberangan melalui koordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) setempat.

Baca juga: Arus balik kendaraan di Bakauheni mulai lengang pada Senin pagi

"Ada Stasiun BMKG yang berbasis di pelabuhan, di Merak dan di Bakauheni, jadi kami selalu perbaharui setiap waktu terkait dengan perkiraan cuaca terkini," ujarnya di Pelabuhan Bakauheni.

Ia berharap kondisi cuaca tetap kondusif selama masa arus balik sehingga pelayanan penyeberangan berjalan dengan aman dan lancar.

Berdasarkan pantauan kondisi arus balik di Pelabuhan Bakauheni pada Senin (15/4), pelayanan penyeberangan kapal terus berlangsung untuk mengangkut penumpang maupun kendaraan menuju Pelabuhan Merak.

Para penumpang pejalan kaki juga berdatangan sejak pagi hari di terminal reguler maupun eksekutif untuk mengurus tiket kapal.

Baca juga: Kendaraan bus dan truk padati Pelabuhan Bakauheni Minggu malam

Selain itu, kendaraan R2, R4, truk, dan bus, yang berdatangan di pelabuhan juga langsung mengisi jalur antrean masuk kapal pada jalur yang tersedia.

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024