Faro, Portugal (ANTARA News) - Gibraltar membuktikan diri sebagai tim yang solid pada debut internasionalnya saat menahan imbang Slowakia 0-0 di stadion Estadio Algarve di Faro, Selasa.

Gibraltar, yang para pemainnya berasal dari berbagai profesi seperti pemadam kebakaran, polisi, pegawai negeri dan sejumlah tenaga profesional, sebelumnya khawatir menghadapi Slowakia yang berperingkat 65 FIFA dan sangat berpengalaman, namun berusaha mengatasinya dengan cara mereka sendiri.

Gibraltar yang dikapteni pemain amatir Roy Chipolina, menampilkan mantan pemain bertahan Manchester United Danny Higginbotham dan pemain Barnsley Scott Wiseman, di stadion yang jika dipenuhi penonton, sama jumlahnya dengan jumlah penduduk negara itu.

Wilayah di ujung selatan Spanyol dan berpenduduk kira-kira 30.000 orang itu, --bandingkan dengan lebih dari lima juta warga Slowakia-- adalah Wilayah Luar Negeri Inggris dan menjadi anggota ke-54 UEFA Mei lalu.

Spanyol menentang langkah ini namun asosiasi sepak bola (FA) Gibraltar menang dalam kasus di Pengadilan Arbitrase Olahraga di Swiss yang mewajibkan UEFA menerima pencalonannya bagi keanggotaan itu.

Pertandingan perdana Gibraltar di kandangnya akan berlangsung saat melawan Kepulauan Faroe Maret 2014.

Estadio Algarve akan menjadi stadion tempat pertandingan kandang Gibraltar bagi laga kualifikasi Euro 2016 saat mereka mulai dilibatkan tahun depan.

(A016)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013