Malang, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya memberikan apresiasi kepada komunitas relawan yang turut mendukung kelancaran masa angkutan Lebaran 2024.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif di Kota Malang, Jawa Timur, Senin, mengatakan pihaknya memberikan apresiasi kepada komunitas relawan railfans atau penggemar kereta api, yang turut serta membantu kelancaran masa angkutan Lebaran 2024.

"Kami mengapresiasi kontribusi mereka yang ikut mendukung KAI dalam mensukseskan angkutan Lebaran 2024, dengan ikhlas, sukarela, membantu kelancaran mudik pelanggan," kata Luqman.

Ia menjelaskan, bagi relawan komunitas railfans, mereka secara sukarela turut berkontribusi dengan KAI dalam hal melayani pelanggan. Pelayanan tersebut, termasuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan selama masa angkutan Lebaran 2024.

Menurut dia, per hari ada delapan relawan yang bertugas di Stasiun Malang pada masa angkutan Lebaran 2024. Delapan orang tersebut, dibagi dalam dua waktu kerja pada pagi dan siang hari.

Baca juga: KAI Daop 8 catat puncak arus mudik di Stasiun Malang pada 6 April

Pada masa angkutan Lebaran 2024, lanjut dia, ada keterlibatan sejumlah pihak baik internal dari KAI maupun eksternal. Pihaknya juga memberikan apresiasi dukungan dari jajaran KAI dan personel TNI dan Polri yang bertugas.

"Keterlibatan baik internal KAI maupun eksternal KAI, memiliki tujuan untuk mensukseskan angkutan Lebaran 2024, dengan mengantarkan para pelanggan selamat sampai tujuan," katanya.

Ia menambahkan, pada H+4 atau pada 15 April 2024, KAI Daop 8 Surabaya mencatat sebanyak 2.808 penumpang yang diberangkatkan dari Stasiun Malang. Sementara untuk penumpang yang tiba di stasiun tersebut ada sebanyak 5.272 penumpang.

"Data ini masih akan terus bertambah, karena penjualan tiket masih berlangsung selama masih tersedia," ujarnya,

Baca juga: KAI catat 50.536 tiket terjual saat masa angkutan lebaran dari Malang

Ia menyebutkan, mayoritas para pelanggan yang diberangkatkan dari Stasiun Malang didominasi tujuan Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Jember, dan Banyuwangi. Adapun kereta api yang menjadi favorit pelanggan adalah Kereta Api Jayabaya relasi Malang-Surabaya-Pasarsenen.

"Kemudian Kereta Api Tawangalun relasi Malang Kotalama-Ketapang dan Kereta Api Malabar relasi Malang-Bandung," katanya.

KAI Daop 8 Surabaya mencatat selama arus balik masa angkutan Lebaran 2024 pada periode 12-21 April 2024 ada sebanyak 23.562 penumpang yang tercatat berangkat dari Stasiun Malang dan 35.984 penumpang yang tiba di Stasiun Malang.

"Pada masa angkutan Lebaran 31 Maret hingga 21 April 2024, total tiket untuk keberangkatan Stasiun Malang yang telah terpesan sebanyak 53.407 tiket," katanya.

Baca juga: Daop 7 Madiun prediksi puncak arus balik lebaran berlangsung pada H+3

KAI Daop 8 Surabaya mengingatkan kembali kepada seluruh penumpang untuk memperhatikan jadwal perjalanan kereta api, dan barang bawaan agar tidak melebihi batas maksimal seberat 20 kilogram.

"Jika saat boarding di stasiun, pelanggan diketahui membawa bagasi yang melebihi ketentuan, akan dikenakan bea tambahan sesuai ketentuan," katanya.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024