Namun kepadatan arus kendaraan yang terjadi siang hingga sore ini tidak sepadat hari kemarin
Banyumas (ANTARA) - Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Banyumas Komisaris Polisi Galuh Pandu Pandega Ferdiansyah mengatakan arus milir yang melintas di jalur Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menuju Tol Pejagan di Kabupaten Brebes masih tinggi.

"Namun kepadatan arus kendaraan yang terjadi siang hingga sore ini tidak sepadat hari kemarin," kata Kasatlantas Kompol Galuh Pandu Pandega Ferdiansyah di Pos Terpadu Operasi Ketupat Candi 2024 Ajibarang, Senin sore.

Baca juga: Dukung kelancaran arus balik, PLN Sumbar siapkan posko siaga dan SPKLU

Kendati demikian, dia mengimbau pemilir dari arah jalur selatan maupun jalur tengah Jateng yang hendak menuju Jakarta melalui Tol Pejagan untuk memanfaatkan Tol Pemalang melalui Purbalingga.

Dalam hal ini, kata dia, pemilir dari arah Yogyakarta melalui jalur selatan Jateng yang akan memanfaatkan Tol Pemalang ketika sampai di Simpang Buntu dipersilakan berbelok ke kanan menuju Sokaraja tdan selanjutnya ke arah Purbalingga.

Sementara pemilih di jalur tengah dari arah Wonosobo, lanjut dia, sesampainya di Simpang Klampok dipersilakan belok ke kanan menuju Purbalingga dan selanjutnya ke arah Pemalang.

"Selain itu, pemilir dari arah Yogyakarta yang akan ke Jakarta juga dapat tetap berada di jalur selatan Jateng dan selanjutnya menuju Bandung melalui Wangon, Lumbir, Karangpucung, Banjar, Ciamis, Tasikmalaya, dan Nagreg," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bagi pemilir yang perjalanannya tersendat di jalur Ajibarang-Brebes diimbau untuk tetap waspada dan hati-hati karena kondisi jalan berliku serta cuaca mendung dan sempat terjadi hujan.

Baca juga: 810 pemilir "Mudik Gratis Naik Kapal Perang" tiba di Jakarta

Terkait dengan puncak arus milir di Ajibarang, Kasatlantas memperkirakan hal itu telah berlangsung pada H+3 Lebaran 2024 atau Minggu (14/4) karena volume kendaraan yang melintas di jalan penghubung jalur selatan dan jalur tengah dengan jalur pantura Brebes itu tercatat mencapai 58.119 unit yang terdiri atas 29.043 kendaraan masuk wilayah Banyumas dan 29.076 kendaraan keluar wilayah Banyumas.

"Jika dibandingkan dengan hari sebelumnya, jumlah kendaraan yang masuk wilayah Banyumas itu menujukkan penurunan 13 persen, sedangkan yang keluar turun 11 persen. Komposisi kendaraan terdiri atas sepeda motor 71 persen, mobil 27 persen, dan bus serta truk 2 persen," kata Kasatlantas.

Sementara dari pantauan di Pos Terpadu Ajibarang, Senin sore, arus milir yang melintas di jalur Ajibarang-Brebes tersendat, sehingga personel Polresta Banyumas dan Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas memberlakukan sistem buka tutup bagi arus milir dari arah jalur selatan maupun jalur tengah yang hendak menuju Tol Pejagan atau pantura.

Baca juga: BIJB Kertajati melayani 20.969 penumpang hingga H+4 Lebaran

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024