Pada hari ini hingga pukul 14.00 WIB terpantau 11.181 penumpang berangkat menggunakan kereta api pada arus balik Lebaran untuk kembali menuju kota perantauan untuk bekerja
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Kepadatan penumpang terlihat signifikan di sejumlah stasiun Daerah Operasi 9 Jember sepanjang Banyuwangi hingga Pasuruan, Jawa Timur saat arus balik Lebaran 2024, bahkan pada hari terakhir cuti bersama terlihat kepadatan penumpang di Stasiun Jember.

"Pada hari ini hingga pukul 14.00 WIB terpantau 11.181 penumpang berangkat menggunakan kereta api pada arus balik Lebaran untuk kembali menuju kota perantauan untuk bekerja," kata Manajer Hukum dan Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 9 Cahyo Widiantoro di Jember, Senin.

Sedangkan pemudik yang turun di sejumlah stasiun wilayah Daop 9 Jember dari Pasuruan hingga Ketapang Banyuwangi pada hari yang sama mencapai 10.996 orang.

Jumlah penumpang yang menggunakan kereta api di wilayah Daop 9 Jember saat mudik Lebaran berkisar 6 ribu hingga 10 ribu orang, sedangkan saat arus balik kepadatan penumpang sangat signifikan dengan penumpang berkisar 10 ribu hingga 11 ribu lebih penumpang.

Berdasarkan data, puncak arus mudik Lebaran pada 6 April 2024 atau H-4 Lebaran sebanyak 9.526 penumpang, sedangkan untuk arus balik puncaknya pada 13 April 2024 dengan jumlah penumpang sebanyak 11.564 orang.

"Tingginya jumlah penumpang yang berangkat pada hari ini, menunjukkan bahwa masyarakat telah menjadikan kereta api sebagai alat transformasi pilihan selama angkutan Lebaran 2024," katanya.

Ia menjelaskan tingginya minat masyarakat untuk menggunakan kereta api tidak terlepas dari tingkat ketepatan waktu kereta api yang sangat tinggi dan moda transportasi yang nyaman bebas asap rokok.

Selama angkutan Lebaran 2024 dari 31 Maret hingga 14 April 2024, tercatat tingkat ketepatan waktu untuk keberangkatan mencapai 100 persen, sedangkan untuk ketepatan waktu kedatangan KA di Daop 9 Jember mencapai di atas 99,17 persen.

"Stasiun Jember menjadi tempat paling banyak digunakan yakni jumlah penumpang naik sebanyak 51.416 orang dan yang turun sebanyak 47.408 orang selama 16 hari masa angkutan Lebaran 2024," katanya.

Kereta api menjadi pilihan tepat bagi masyarakat yang akan balik menuju kota perantauan karena bebas macet, nyaman dan kepastian jam kedatangan di tempat tujuan.

"KAI akan terus berkomitmen menghadirkan inovasi layanan kepada pelanggan sehingga tercipta transportasi yang aman, nyaman dan berkesan," ujarnya.

Baca juga: Daop Jember prediksi hari ini puncak arus balik di sejumlah stasiun
Baca juga: Daop Jember catat 46 persen tiket KA Lebaran sudah terjual
Baca juga: KAI lakukan inspeksi pastikan kesiapan angkutan Lebaran di Jember

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024