Cikampek (ANTARA) - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengimbau pemudik yang akan balik dari kampung halaman agar tidak membawa pendatang baru ke kota.

"Angka penganggur cukup tinggi, yakni enam persen dari angkatan kerja yang ada. Ini harus jadi perhatian," katanya di Cikampek, Senin.

Muhadjir mengatakan sangat menghormati mereka yang ingin mendapatkan mata pencaharian yang layak di kota. Namun datang ke kota tanpa memiliki keahlian tentu bukan menjadi solusi.

Menurut dia, mereka datang tidak miliki keterampilan harus dipikirkan secara matang
"Saya mengimbau mereka berpikir berulang kali sebelum memutuskan ikut balik ke daerah tujuan pemudik," kata dia.

Baca juga: Menko PMK: Penanganan mudik 2024 lebih baik dibanding tahun lalu

Ia mengatakan, memang ada harapan untuk mendapatkan pekerjaan di perkotaan tapi persaingan juga sangat ketat.

Ia mengimbau mereka tetap di daerah mereka dan mencari peluang di daerah dan bekerja secara kreatif. "Saat ini pemerintah daerah sudah mulai terbuka dan lapangan pekerjaan juga terbuka di sana," kata dia.

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 961.852 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek dari 10-14 April 2024.

Angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung).

Baca juga: Menko PMK minta ASN undur kepulangan ke Jabodetabek

Total volume lalin yang kembali ke wilayah Jabotabek ini meningkat 41,03 persen jika dibandingkan lalin normal dengan total 681.996 kendaraan. Jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2023, total volume lalin ini lebih rendah 3,1 persen dengan total 992.223 kendaraan

Untuk distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek dari tiga arah yaitu dengan mayoritas sebanyak 520.043 kendaraan 54,1 persen dari arah timur Trans Jawa dan Bandung.

"Sebanyak 239.316 kendaraan 24,9 persen dari arah Barat (Merak), dan 202.493 kendaraan 21,1 persen dari arah Selatan atau Puncak," kata Marketing&Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Faiza Riani.
Baca juga: Menhub minta pemudik siapkan berbagai hal secara baik untuk arus balik

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024