Jakarta (ANTARA) -
Jumlah penumpang yang tiba di Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, meningkat 45 persen bila dibandingkan 2023 saat arus balik mudik Lebaran.
 
"Bila dibandingkan tahun lalu, arus balik Lebaran 1445 Hijriah diperkirakan meningkat 45 persen," kata Kepala Terminal Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni di Terminal Kampung Rambutan, Senin.
 
Pada puncak arus balik 2023, jumlah penumpang hanya mencapai 9.300 orang. Namun, pada Minggu (14/4) tercatat ada 13.554 penumpang tiba dengan 480 bus.
 
"Maka, diperkirakan ini mengalami peningkatan," kata dia.
 
Pada Senin ini sampai jam 11.00 WIB sudah ada 3.390 penumpang tiba dengan 121 bus. Jumlah itu diperkirakan akan terus bertambah.
 
Baca juga: Menko PMK imbau pemudik tidak bawa pendatang baru saat balik
Baca juga: Dompet Dhuafa sediakan Pos Mudik Ramah Keluarga di Kampung Rambutan

 
Kepala Terminal Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni saat memberikan keterangan pers terkait jumlah penumpang pada arus balik Lebaran 2024 di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Senin (15/4/2024). Jumlah penumpang pada arus balik Lebaran di terminal itu diperkirakan meningkat hingga 45 persen. ANTARA/Syaiful Hakim/aa.
Kendati demikian, dia belum dapat memperkirakan puncak arus balik di terminal Kampung Rambutan.

"Puncak arus balik belum bisa dipastikan antara hari Minggu kemarin atau hari ini, kami menunggu data hingga Senin malam ini," katanya.
 
Pada arus balik lebaran 2024 ini jumlah penumpang yang datang didominasi dari wilayah Jawa dan sebagian wilayah Sumatera.
"Kedatangan memang itu didominasi jalur Jawa Barat maupun Jawa Tengah," kata Yulza.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024