Paris (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping akan mengunjungi Paris dalam beberapa pekan ke depan untuk melakukan pembicaraan tingkat tinggi dengan beberapa agenda, termasuk upaya gencatan senjata di berbagai belahan dunia selama penyelenggaraan Olimpiade 2024.

"Kami (pemerintah Prancis) akan melakukan segalanya untuk mencapai gencatan senjata selama Olimpiade. Kami akan mengupayakannya. Antara Israel dan Gaza, di Ukraina, di semua zona pertempuran," kata Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Senin.

"Saya akan berusaha menarik banyak mitra untuk rencana ini. Presiden China akan tiba di Paris dalam beberapa pekan, dan saya akan meminta bantuannya," kata Macron kepada stasiun TV Prancis RMC.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan pada awal April bahwa mereka tidak memiliki informasi terkait kunjungan Xi ke Hongaria, Serbia, dan Prancis pada awal Mei.

Olimpiade Musim Panas 2024 akan diselenggarakan di Paris pada 26 Juli hingga 11 Agustus, sedangkan Paralimpiade akan berlangsung setelahnya, yaitu pada 28 Agustus hingga 8 September.

Sumber: Sputnik

Baca juga: Api Olimpiade Paris akan dinyalakan di tempat kelahirannya di Yunani
Baca juga: Seberapa kuat tekad Prancis gelar Olimpiade yang tidak politis

Penerjemah: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024