Diprediksi akan terjadi kenaikan jumlah kendaraan sekitar 18 persen dari data tahun sebelumnya.
Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan alur arteri sebagai alternatif jika jalur tol penuh saat arus balik Lebaran 2024.

"Apabila jalur tol tetap penuh, kami mempersiapkan jalur arteri untuk menjadi alternatif di titik-titik tertentu," ucap Jenderal Pol. Listyo saat konferensi pers di Kantor Jasa Marga KM 70 Tol Cikampek Utama, Jawa Barat.

Jalur arteri tersebut, kata dia, akan dibuka untuk pemilir selama beberapa waktu guna mengurai kepadatan lalu lintas jika memang terjadi lonjakan jumlah kendaraan.

"Nanti akan kami buka untuk memberikan ruang apabila nanti terjadi kepadatan dan lalu lintas tidak bisa bergerak atau stuck. Maka, kami akan buka untuk masuk jalur arteri untuk beberapa waktu," kata Kapolri.

Jalur alternatif tersebut, lanjut dia, akan dibuka berdasarkan hasil penghitungan (counting) jumlah kendaraan. Petugas di jalur tol dan jalur arteri akan saling menginformasikan kondisi terkini.

"Kami atur kalau memang di jalur arteri maksimal itu per jamnya hanya 800 kendaraan. Kami juga memiliki penghitungan apabila lebih dari itu, kami tidak akan masukkan," ujarnya.

Dikatakan pula bahwa rekayasa lalu lintas lainnya seperti kebijakan satu arah (one way) dan lawan arah (contraflow) tetap diberlakukan.

Kapolri berharap masyarakat dapat memahami upaya kepolisian dalam mengantisipasi maupun mengurai kepadatan arus balik tersebut.

"Ini mohon juga masyarakat bisa memaklumi karena memang itu harus kami lakukan agar yang akan melaksanakan balik, yang akan melaksanakan kegiatan di jalur wisata semuanya bisa terlayani," tuturnya.

Adapun puncak arus balik Lebaran 2024 diprediksi akan terjadi pada Senin malam ini.

"Diprediksi akan terjadi kenaikan jumlah kendaraan sekitar 18 persen dari data tahun sebelumnya," kata Kapolri.

Oleh sebab itu, dia mengimbau jajaran dan segenap pemangku kepentingan untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

"Nanti malam adalah puncak dari arus balik. Kami siap untuk memberikan pelayanan sehingga potensi kenaikan tadi sudah diprediksi sekitar 18 persen dari data tahun 2023. Ini mau tidak mau menjadi PR (pekerjaan rumah)," ucap Jenderal Pol. Listyo.

Pada hari ini, Senin, Kapolri meninjau pelaksanaan arus balik di KM 70 Tol Cikampek Utama, Jawa Barat. Jenderal Pol. Listyo didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024