Armada bus yang mengangkut pada pemudik baik yang masuk maupun keluar dari Terminal Simpang Nangka dilakukan pemeriksaan guna memastikan kelayakannya
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Pengelola Terminal Tipe-A Simpang Nangka Kabupaten Rejang Lebong menyebutkan sebanyak 18 unit bus mengangkut 546 penumpang arus balik hari terakhir libur Lebaran/Idul Fitri 1445 Hijriah dari berbagai daerah di Provinsi Bengkulu lewat di wilayah itu.

"Arus balik yang naik angkutan umum pada hari ini terhitung mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB tercatat sebanyak 546 orang, mereka ini naik 18 unit bus dengan tujuan kota-kota di Jawa dan daerah lainnya di Sumatera," kata Kepala Pengawas Terminal Tipe-A Simpang Nangka Rio Jangyo saat dihubungi di Rejang Lebong, Senin.

Baca juga: Polresta Banyumas alihkan arus milir di Ajibarang

Dia menjelaskan, arus balik Lebaran 2024 ini puncaknya terjadi pada H+4 Minggu (14/4) kemarin yang mencapai 694 orang dengan menaiki 21 unit bus.

Arus balik yang menumpang angkutan umum ini, kata dia, umumnya berangkat dari Provinsi Bengkulu dengan tujuan ke Jakarta maupun sejumlah kota-kota lainnya di Jawa. Sedangkan yang lainnya tujuan kota-kota di Sumatera seperti Pekan Baru, Padang maupun Medan.

Sementara itu, untuk jumlah armada pemudik yang datang masuk ke Terminal Simpang Nangka terhitung sejak 1-15 April tercatat sebanyak 91 armada, dengan jumlah penumpang mencapai 1.338 orang.

Baca juga: Dishub Bandung: Puncak arus balik di Jalur Nagreg sudah terlewati

Selanjutnya, untuk penumpang yang berangkat keluar dari Kota Bengkulu menuju ke daerah-daerah lainnya melalui Terminal Simpang Nangka Rejang Lebong mencapai 3.780 orang yang naik 187 bus.

Menurut dia, armada bus yang mengangkut pada pemudik baik yang masuk maupun keluar dari Terminal Simpang Nangka dilakukan pemeriksaan guna memastikan kelayakannya.

Selain itu pihaknya juga menyediakan pos pelayanan di dalam Terminal Simpang Nangka sehingga bisa dimanfaatkan oleh pemudik maupun sopir bus untuk beristirahat sementara waktu.

Baca juga: Terminal Amplas Medan evaluasi layanan mudik-balik 2024 guna perbaikan

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024