Kemungkinan tingginya arus balik ini masih berlangsung  mulai tadi sore sampai dengan puncaknya malam hari ini
Cilegon (ANTARA) - Puncak arus balik dari Sumatera ke sejumlah daerah di Pulau Jawa melalui Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, diperkirakan terjadi pada hari ini (15/4).
 
Kapolda Banten Irjen Abdul Karim, di Cilegon, Banten, Senin, mengatakan volume kendaraan sejak Minggu malam terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibanding sebelumnya.
 
"Kemungkinan tingginya arus balik ini masih berlangsung  mulai tadi sore sampai dengan puncaknya malam hari ini. Rata-rata kapasitas kapal penuh semua terlihat dari bongkar berkisar 200-250 kendaraan," katanya.
 
Kapolda  menyakini volume kendaraan akan terus bertambah. Dari hasil rekapitulasi jumlah kendaraan pada arus mudik dari Merak ke Bakauheni yang didata Polda Banten sebanyak 259.216 kendaraan bermotor.
 
Sedangkan kendaraan yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak hingga Senin (15/4) tercatat sebanyak 168.578 kendaraan sehingga masih ada 91.038 unit kendaraan yang belum kembali ke Jawa.
 
"Kami yakini malam ini volume terus bertambah," katanya.
 
Selain itu, Polda Banten juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas arus balik dari Sumatera melalui Pelabuhan Merak melalui dua jalur yaitu melalui Cikuasa Atas atau bisa juga melalui Cikuasa Bawah.
 
"Cikuasa Atas diperuntukkan untuk bus dan kendaraan roda empat yang langsung menuju Tol Merak-Tangerang. Sedangkan untuk Cikuasa Bawah diperuntukkan bagi roda dua melalui jalur arteri," katanya.
Baca juga: Pemudik menyeberang dari Jawa ke Sumatera H+3 tembus 55.190 orang
Baca juga: Polisi catat kunjungan wisatawan ke Pantai Anyer-Carita capai 62 ribu
Baca juga: ASDP seberangkan 38.388 unit kendaraan R2-R4 ke Merak pada 14 April

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024