Jakarta (ANTARA) - Superstar tenis Rafael Nadal mengatakan bahwa dapat kembali beraksi di Barcelona Open adalah sebuah hadiah.

Nadal ingin menikmati setiap momen dari apa yang dia harapkan menjadi tahun terakhir dalam kariernya.

Juara Grand Slam 22 kali itu belum pernah memainkan pertandingan ATP Tour sejak Januari, ketika merasakan cedera pinggul yang kambuh di turnamen Brisbane International.

Nadal, yang absen hampir sepanjang musim 2023, akan menghadapi petenis Italia Flavio Cobolli, Selasa, pada babak pertama di lapangan yang menggunakan namanya sendiri, Pista Rafa Nadal.

Baca juga: Nadal mundur dari Monte Carlo Masters

Petenis berusia 37 tahun itu mundur dari Monte Carlo Masters pada awal April dan berharap bisa berkompetisi di Roland Garros pada Mei, di mana ia menjadi juara sebanyak 14 kali.

"Daripada menyesali apa yang tidak bisa saya lakukan, saya lebih memilih bahagia karena saya ada di sini," kata Nadal dalam konferensi pers Barcelona Open, dikutip dari AFP, Selasa.

"Secara pribadi, berada di Barcelona adalah sebuah anugerah bagi saya. Saya menganggap ini sebagai tahun terakhir saya dan saya ingin menikmati setiap momen."

Nadal, yang merupakan pemegang rekor juara Barcelona Open 12 kali, belum pernah memainkan satu pertandingan pun di lapangan tanah liat sejak menjuarai French Open pada 2022.

Meskipun menganggap tahun 2024 sebagai tahun terakhirnya sebagai seorang profesional, petenis veteran itu mengatakan dia tidak menetapkan batas waktu untuk pensiun.

"Kami akan terus maju sampai saya merasa itu tidak sepadan," lanjut Nadal.

"Saya tidak menetapkan tenggat waktu untuk itu, tapi seperti yang sudah saya katakan, pada akhirnya kehidupan akan menentukan jalan Anda."

Hasil drawing di Barcelona Open menempatkan Nadal di jalur yang berlawanan dengan rekan senegaranya asal Spanyol Carlos Alcaraz untuk berpotensi bertemu di semifinal, namun petenis berusia 20 tahun itu terpaksa mundur karena masalah kebugaran.

"Mari kita berharap dia pulih dengan baik dan cepat, itu berdampak buruk bagi turnamen karena dia unggulan teratas," ujar Nadal.

"Saya tidak dalam posisi untuk memikirkan semifinal."


Baca juga: Nadal mundur dari Monte Carlo Masters

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024