"Kami menyiapkan tiga titik layanan bergerak untuk kesehatan yang melayani masyarakat saat merayakan lebaran ketupat. Kita juga siapkan pemadam kebakaran dan BPBD untuk menangani hal-hal darurat. Jadi ketika ada pohon tumbang dan hal lain kita siap s
Gorontalo (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo memastikan layanan publik tetap berlangsung saat masyarakat merayakan tradisi lebaran ketupat pada H+7 Idul Fitri 1445 Hijriah atau Rabu (17/4).

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sofian Ibrahim mengatakan hal tersebut pada Rapat Koordinasi Kesiapan Pengamanan Ketupat di Mapolda Gorontalo, Selasa.

Pemerintah Provinsi Gorontalo menyiapkan tiga layanan publik saat lebaran ketupat yaitu, layanan kesehatan bergerak, pemadam kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta koordinasi dengan PLN untuk memastikan suplai listrik aman di titik-titik lebaran ketupat.

"Kami menyiapkan tiga titik layanan bergerak untuk kesehatan yang melayani masyarakat saat merayakan lebaran ketupat. Kita juga siapkan pemadam kebakaran dan BPBD untuk menangani hal-hal darurat. Jadi ketika ada pohon tumbang dan hal lain kita siap siaga di lokasi," kata Sofian Ibrahim.

Lebih lanjut, kata Sofian, ada hal yang perlu menjadi atensi semua pihak terkait dengan perayaan ketupat yakni pergeseran waktu pelaksanaan.

Biasanya masyarakat memanfaatkan waktu malam hari sebelum hari H dan malam hari saat hari H untuk berlebaran ketupat di rumah kerabat dan keluarga.

"Biasanya orang-orang sudah mengambil waktu malam sebelum dan malam saat hari H. Ini perlu kita perhatikan dan antisipasi lebih awal," katanya.

Terkait dengan suplai listrik, pihaknya berjanji akan berkoordinasi dengan PLN untuk memastikan tidak ada pemadaman. Khususnya di titik-titik pusat pelaksanaan lebaran ketupat tahun 2024.

Polda Gorontalo mencatat 93 lokasi perayaan ketupat tersebar di enam kabupaten dan kota. Rinciannya Kota Gorontalo 27 lokasi, Kabupaten Gorontalo 18 lokasi, Boalemo 15 lokasi dan Pohuwato 17 lokasi. Ada juga di Bone Bolango 14 lokasi dan Gorontalo Utara dua lokasi.
Rekayasa lalu lintas saat perayaan tradisi lebaran ketupat pada H+7 Idul Fitri dibahas dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Pengamanan Ketupat di Mapolda Gorontalo bersama Wakapolda Gorontalo dan jajaran, pada Selasa (16/4/2024). (ANTARA/HO-Diskominfotik Provinsi Gorontalo)

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024