Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita berharap ada potensi investasi saat kunjungan Chief Executive Officer (CEO) perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat, yakni Apple ke Indonesia yang dijadwalkan pada esok hari, Rabu.

"Ya mudah-mudahan. Kalo dengan Apple kita sudah bicara cukup lama. Kita bicara ada kebijakan, saya tidak bilang ini kebijakan khusus. Tapi ada kebijakan yang kita keluarkan untuk Apple," katanya di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan kebijakan yang diterapkan untuk Apple yakni pengimbangan (offset) Tingkat Komponen Dalam Negeri atau TKDN untuk produk-produk buatan Apple.

Selain itu menurutnya pihak Apple juga sudah berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dari sisi sumber daya manusia (SDM) maupun segi infrastruktur.

"Mereka sudah membentuk tiga, udah mau empat yang disebut dengan Apple Academy yang menurut pandangan saya outputnya cukup baik menghasilkan SDM brainware, menghasilkan inovasi-inovasi untuk aplikasi yang kemudian bisa digunakan di perusahaan-perusahaan lain," katanya.

Sebelumnya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengonfirmasi bahwa Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook akan datang ke Indonesia pada 17 April 2024.

"Ya besok, dia akan datang nanti di tanggal 17 (April)," kata Budi Arie di Jakarta, Selasa.

Budi Arie mengatakan bahwa selama mengunjungi Indonesia bos Apple dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, menurut dia, CEO Apple salah satunya akan membahas peluang Apple melakukan investasi di Indonesia.

Baca juga: Menkominfo konfirmasi CEO Apple ke Indonesia pada 17 April
Baca juga: Apple akui ada kesalahan emoji pada keyboard iPhone
Baca juga: Apple bakal rilis chip M4 di akhir 2024 dengan fokus pada performa AI

 

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024