Menag Yaqut Cholil Qoumas meminta para penyuluh agama dan penghulu ikut berperan aktif, terutama dalam proses sosialisasi dan edukasi
Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 2 Tahun 2024 yang salah satu isinya meminta penyuluh agama dan penghulu berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan program prioritas pemerintah.

"Menag Yaqut Cholil Qoumas meminta para penyuluh agama dan penghulu ikut berperan aktif, terutama dalam proses sosialisasi dan edukasi," ujar Staf Khusus Menag Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo di Jakarta, Selasa.

Wibowo mengatakan ada empat program yang secara spesifik dimandatkan dalam SE agar para penyuluh agama dan penghulu ikut berperan aktif dalam sosialisasi dan edukasi.

Baca juga: Kemenag dorong majelis taklim dan penyuluh agama sinergi membina umat

Keempat program itu adalah penurunan stunting, penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan ekonomi, dan pelestarian lingkungan hidup.

Menurutnya, Kementerian Agama (Kemenag) di bawah kepemimpinan Menag Yaqut berupaya memperkuat peran penyuluh agama dan penghulu di tengah masyarakat.

Bersama para dai dan daiyah, Kemenag, melalui penyuluh agama dan penghulu, terus meningkatkan kualitas bimbingan keagamaan guna mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera, lahir, dan batin.

Baca juga: Kemenag kukuhkan kelompok kerja guru untuk perkuat moderasi beragama

"Mereka merupakan aktor strategis dalam peran mengedukasi publik, baik terkait upaya penurunan stunting, penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan ekonomi, hingga pelestarian lingkungan hidup," katanya.

Ia menjelaskan SE Menag juga memberi mandat kepada para Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA( Kecamatan untuk melakukan pembinaan, monitoring, dan pelaporan atas kegiatan dimaksud sebagai bagian dari pelaksanaan tugas dan fungsi.

"Proses pembinaan dan monitoring dalam implementasi edaran ini dilakukan secara berkala untuk memastikan seluruh penyuluh agama dan penghulu berperan aktif dalam mendukung program prioritas pemerintah," katanya. 

Baca juga: Dirjen Bimas Islam Kemenag minta penyuluh agama melek teknologi

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024