... akan mencoba sebaik mungkin untuk menyediakan lebih banyak dan lebih baik jasa (kesehatan)... "
Zhoushan, China (ANTARA News) - Satu kapal rumah sakit China, Kamis, berlayar ke Filipina yang dilanda topan Haiyan, juga memberi akses media asing ke pangkalan angkatan laut mereka. Hal ini belum pernah terjadi sebelumnya saat Beijing berusaha meningkatkan upaya bantuannya dua pekan setelah bencana.

Peace Ark, rumah sakit terapung angkatan laut China itu berfasilitas 300 tempat tidur medis, memperdengarkan klakson saat berangkat dari pangkalan di pulau Zhoushan, di lepas pantai Provinsi timur Zhejiang.

Kapal rumah sakit ini diharapkan akan perlu waktu tiga atau empat hari untuk mencapai Filipina, dengan mana China terlibat dalam sengketa teritorial.

"Kami akan memberikan kontribusi terhadap hubungan antara kedua negara," kata Shen Hao, wakil kepala staf Armada Laut China Timur dan komandan misi, kepada wartawan yang diperbolehkan ke kapal sebelum meninggalkan pangkalan.

"Setelah kami tiba, kami akan mencoba sebaik mungkin untuk menyediakan lebih banyak dan lebih baik jasa (kesehatan)," katanya.

Setelah mengirimkan bantuan awal hanya 100.000 dolar AS, pemerintah China telah secara bertahap meningkatkan bantuannya selama dua pekan terakhir, sumbangan senilai 1,6 juta dolar AS untuk tenda, selimut dan perlengkapan lainnya.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013