Jakarta (ANTARA) - Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT) mencatat terjadi peningkatan volume lalu lintas (lalin) di ruas-ruas tol regional nusantara yang ada di luar Pulau Jawa selama periode arus balik H+4 Lebaran 2024.

“Empat ruas tol di regional nusantara tercatat terjadi peningkatan volume lalu lintas di ruas-ruas tol luar Pulau Jawa pada H+4 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau 15 April 2024,” kata Senior General Manager Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division Truly Nawangsasi dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Truly merinci keempat ruas jalan tol regional di luar Pulau Jawa yakni Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang masih menunjukkan tren positif kenaikan volume lalin dibanding volume lalin harian normal.

“Di jalan tol ini tercatat sebanyak 14.394 kendaraan melintas, meningkat 46,5 persen dibandingkan volume harian normal 2024 yaitu sebanyak 9.823 kendaraan,” ujar Truly.

Kemudian untuk wilayah Sumatera Utara, tercatat 15.704 kendaraan melintasi Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, meningkat 15,8 persen dibandingkan volume harian normal 2024 sejumlah 13.565 kendaraan.

Selanjutnya untuk Ruas Tol Manado-Bitung, tercatat 5.687 kendaraan melintas, meningkat 7,3 persen dibandingkan volume harian normal 2024 yaitu sejumlah 5.300 kendaraan.

“Terakhir ruas Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, tercatat sebanyak 44.085 kendaraan melintas, meningkat 1,9 persen dibandingkan volume harian normal 2024 yaitu sebanyak 43.243 kendaraan,” tutur Truly.

Truly mengimbau pengguna jalan tol untuk mengantisipasi perjalanan periode libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dengan baik.

Dia menyarankan pengemudi sebelum memasuki jalan tol agar terlebih dahulu memastikan kendaraan maupun dalam keadaan prima, tetap mematuhi protokol kesehatan, memastikan kecukupan bahan bakar minyak (BBM) dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan.

“Jika lelah berkendara, segera beristirahat di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) terdekat dan manfaatkan fasilitas yang tersedia seperti masjid, toilet, tenant makanan dan lain sebagainya,” jelas Truly.

Sementara itu bagi pengguna jalan di Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, dapat beristirahat di TIP yang berada di Km 65 di kedua arah.

Kemudian bagi pengguna jalan untuk Ruas Tol Balikpapan-Samarinda, dapat melepas lelah di TIP yang berada di Km 36 arah Samarinda dan Km 37 arah Balikpapan sedangkan pengguna jalan di Ruas Tol Manado-Bitung dapat memanfaatkan TIP yang berada di Km 17 arah Bitung dan Km 3 arah Manado.

“Masyarakat juga dapat mengakses informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group melalui one call center 24 jam Jasa Marga Group di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 4.1 untuk pengguna iOS dan Android jika membutuhkan bantuan dan informasi jalan tol,” kata Truly.

Baca juga: Jasa Marga kembali beri diskon tarif tol pada 17-19 April
Baca juga: Jasa Marga catat 875.434 kendaraan di tol Jabotabek-Jabar H+4 Lebaran
Baca juga: Jasa Marga prediksi 907 ribu kendaraan belum kembali ke Jabotabek

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024