Jakarta (ANTARA) - Sejumlah ruas tol di luar Pulau Jawa mengalami peningkatan volume lalu lintas pada H2 Hari Raya Idul Fitri atau Kamis 11 April 2024.

"Pada H2 Hari Raya Idul Fitri 1445 H (11 April 2024), Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT) mencatat terjadi peningkatan volume lalu lintas di beberapa ruas tol luar Pulau Jawa," ujar Senior General Manager Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division Truly Nawangsasi di Jakarta, Jumat.

Untuk wilayah Sumatera Utara, tercatat 20.067 kendaraan melintasi Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, meningkat 57 persen dibandingkan harian normal 2024 sejumlah 12.781 kendaraan.

Untuk Ruas Tol Balikpapan-Samarinda, tercatat sebanyak 17.077 kendaraan melintas, meningkat 73,2 persen dibandingkan harian normal 2024 yaitu sebanyak 9.861 kendaraan.

Untuk Ruas Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, tercatat sebanyak 45.189 kendaraan melintas, meningkat 2,9 persen dibandingkan harian normal 2024 yaitu sebanyak 43.927 kendaraan.

Pengguna jalan tol diimbau untuk mengantisipasi perjalanan periode libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1445 H dengan baik.

Sebelum memasuki jalan tol, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, tetap mematuhi protokol kesehatan, memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan.

Jika lelah berkendara, segera beristirahat di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) terdekat dan manfaatkan fasilitas yang tersedia seperti masjid, toilet, tenant makanan dan lain sebagainya.

Pengguna jalan di Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, dapat beristirahat di TIP yang berada di Km 65 di kedua arah.

Pengguna jalan untuk Ruas Tol Balikpapan-Samarinda, dapat melepas lelah di TIP yang berada di Km 36 arah Samarinda dan Km 37 arah Balikpapan sedangkan pengguna jalan di Ruas Tol Manado-Bitung dapat memanfaatkan TIP yang berada di Km 17 arah Bitung dan Km 3 arah Manado.

Baca juga: H2 Idul Fitri, GT Cikampek Utama didominasi pemudik tinggalkan Jakarta
Baca juga: Volume lalin di tol luar Pulau Jawa pada H1 Lebaran 2024 meningkat
Baca juga: Jasa Marga prediksi lalu lintas tol luar Jawa meningkat pada Lebaran

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024