Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT) mencatat terjadi peningkatan volume lalu lintas di beberapa ruas tol di luar Pulau Jawa
Jakarta (ANTARA) - PT Jasamarga Nusantara Tollroad  Regional Division (JNT) menyebutkan volume lalu lintas beberapa ruas tol di luar Pulau Jawa meningkat pada hari pertama (H1) Idul Fitri 1445 H/Lebaran 2024 atau Rabu 10 April 2024.

"Pada Hari Raya Idul Fitri 1445 H (10 April 2024), Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT) mencatat terjadi peningkatan volume lalu lintas di beberapa ruas tol di luar Pulau Jawa," ujar Senior General Manager Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division Truly Nawangsasi di Jakarta, Kamis.

Untuk wilayah Sumatera Utara, tercatat 16.479 kendaraan melintasi Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, meningkat 3,9 persen dibandingkan lalu lintas Idul Fitri 2023 sejumlah 15.862 kendaraan.

Sedangkan untuk Ruas Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa, tercatat sebanyak 62.367 kendaraan melintas, meningkat 4,5 persen dibandingkan lalu lintas Idul Fitri 2023 sejumlah 59.659 kendaraan.

Untuk Ruas Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, tercatat sebanyak 42.137 kendaraan melintas, meningkat 12,7 persen dibandingkan lalu lintas Idul Fitri 2023 yaitu sebanyak 37.380 kendaraan.

Pengguna jalan tol diimbau untuk mengantisipasi perjalanan periode libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1445 H dengan baik.

Baca juga: H-1 Lebaran, volume kendaraan tol luar Jawa tercatat meningkat

Baca juga: Jasa Marga prediksi lalu lintas tol luar Jawa meningkat pada Lebaran


Sebelum memasuki jalan tol, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, tetap mematuhi protokol kesehatan, memastikan kecukupan bahan bakar minyak (BBM) dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan.

Jika lelah berkendara, segera beristirahat di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) terdekat dan manfaatkan fasilitas yang tersedia seperti masjid, toilet, tenant makanan dan lain sebagainya. Pengguna jalan di Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, dapat beristirahat di TIP yang berada di KM 65 di kedua arah.

Pengguna jalan untuk Ruas Tol Balikpapan-Samarinda, dapat melepas lelah di TIP yang berada di KM 36 arah Samarinda dan KM 37 arah Balikpapan sedangkan pengguna jalan di Ruas Tol Manado-Bitung dapat memanfaatkan TIP yang berada di KM 17 arah Bitung dan KM 3 arah Manado.

Baca juga: Sejumlah tol luar Pulau Jawa mengalami peningkatan volume jelang Nyepi

Baca juga: Volume lalu lintas meningkat di tol luar Pulau Jawa pada 9 Februari

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024