Dari H+1 sudah lebih dari 100 tiket penyeberangan melalui Pelabuhan Bakauheni yang menyeberang di Pelabuhan Panjang
Bandarlampung (ANTARA) - Pelabuhan Panjang Lampung pada arus balik Lebaran 2024 melayani penyeberangan bagi pemilir yang telah memiliki tiket penyeberangan kapal reguler melalui Pelabuhan Bakauheni.

"Jadi pada satu hari setelah Idul Fitri atau H+1 kami memiliki kebijakan khusus untuk memberi pelayanan juga bagi pengguna jasa penyeberangan yang sudah terlanjur memiliki tiket dari Pelabuhan Bakauheni-Merak untuk menyeberang di Pelabuhan Panjang," ujar Koordinator Pelayanan Pelabuhan Panjang ASDP Pusat Umar Imran Batubara, di Bandarlampung, Selasa.
 
Ia mengatakan pelayanan penyeberangan bagi pemilir yang memiliki tiket penyeberangan dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak di Pelabuhan Panjang hanya dapat dilakukan oleh pemegang tiket penyeberangan kapal reguler.

Baca juga: KSOP: Pelabuhan Panjang layani pemilir hingga 18 April
 
"Untuk diketahui bahwa pelayanan penyeberangan khusus di Pelabuhan Panjang bagi pemegang tiket Pelabuhan Bakauheni ini hanya berlaku bagi pemilik tiket kapal reguler. Kalau yang eksekutif kita belum bisa melayani," katanya.
 
Dia menjelaskan pelaksanaan kebijakan tersebut dilakukan untuk mengurai kepadatan kendaraan pemilir di Pelabuhan Bakauheni, agar arus balik dapat berlangsung dengan lancar.
 
"Kebijakan ini dilakukan untuk mengurai kepadatan kendaraan di Bakauheni, maka pemakai jasa yang sudah memesan tiket menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni-Pelabuhan Merak akan dilayani menyeberang melalui Pelabuhan Panjang-Pelabuhan Ciwandan," ucap dia.

Baca juga: Menhub apresiasi pelayanan arus balik di Pelabuhan Panjang
 
Ia melanjutkan sejak satu hari setelah Lebaran 2024 pemilir yang memiliki tiket penyeberangan melalui Pelabuhan Bakauheni dan memilih menyeberang melalui Pelabuhan Panjang sudah ada 100 orang lebih.
 
"Dari H+1 sudah lebih dari 100 tiket penyeberangan melalui Pelabuhan Bakauheni yang menyeberang di Pelabuhan Panjang. Memang kalau lewat sini jauh lebih cepat karena tidak ada antrean panjang kendaraan," tambahnya.
 
Untuk informasi pelayanan ini dapat diketahui melalui sarana media, kata dia, sehingga telah ada masyarakat yang menggunakan pelayanan tersebut.
 
"Jadi bagi masyarakat yang memiliki tiket penyeberangan kapal reguler dari Pelabuhan Bakauheni bisa melakukan penyeberangan melalui Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Ciwandan, karena kami siapkan loket khusus. Semoga dengan ini bisa menjaga agar arus balik tetap lancar," ujar dia.

Baca juga: Pelabuhan Panjang layani 5.000 pemilir selama empat hari arus balik
 
 

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024