Dana otonomi khusus (otsus) 2024 untuk Kabupaten Jayapura sebesar Rp210 miliar dan telah dibagi rata ke setiap OPD untuk meningkatkan kesejahteraan OAP melalui berbagai bidang salah satunya UMKM
Sentani (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Papua, Hana S Hikoyabi meminta organisasi perangkat daerah (OPD) teknis menggenjot usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masyarakat orang asli Papua (OAP) guna meningkatkan kesejahteraan.

“Dana otonomi khusus (otsus) 2024 untuk Kabupaten Jayapura sebesar Rp210 miliar dan telah dibagi rata ke setiap OPD untuk meningkatkan kesejahteraan OAP melalui berbagai bidang salah satunya UMKM,” kata Sekda Kabupaten Jayapura Hana S Hikoyabi di Sentani, Selasa.

Menurut Sekda, dana otsus memang tidak besar kalau dibagi rata kepada 54 OPD di Kabupaten Jayapura, namun dengan anggaran itu OPD mampu merumuskan program dan kegiatan yang ada dampaknya.

“Setiap OPD mungkin terima Rp500 juta lebih, dana ini bisa dikelola semaksimal mungkin untuk membawa perubahan khususnya kesejahteraan bagi masyarakat Papua yang berada di 139 kampung dan lima kelurahan,” ujarnya.

Dia menjelaskan hasil musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) otsus, pihaknya telah menyetujui 128 usulan yang awalnya 154 usulan dari kelompok program kerja (Pokja) Papua Sehat, Papua Cerdas dan Papua Produktif.

“Tentu kami berharap dengan 128 usulan itu OAP yang hidup di kampung-kampung dapat menerima program tersebut dalam berbagai bentuk sehingga kesejahteraan yang diharapkan tercapai,” katanya.

Dia menambahkan program dan kegiatan otsus bagi OAP tidak perlu yang sulit atau sukar, tetapi itu disesuaikan dengan kebiasaan mereka sehingga dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Orang yang tinggal di danau jangan buat program atau bantuan benih pertanian, begitu pula yang di daratan jangan diberikan bibit ikan tetapi kenali apa yang dibutuhkan sesuai kondisi tempat supaya dapat maksimal bantuan atau program itu,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab Jayapura dorong pelaku UMKM OAP kembangkan produk lokal
Baca juga: Pemkab Jayapura dorong perempuan Papua tingkatkan UMKM berbahan sagu
Baca juga: Pemkab Jayapura dorong pengembangan UMKM Digital 2024
Baca juga: Pemkab Jayapura: 16 OAP ikut pelatihan mebel dorong UMKM mandiri

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024