Jakarta (ANTARA) - Psikolog klinis lulusan Universitas Indonesia Kasandra Putranto mengingatkan seluruh lapisan masyarakat terkait pentingnya menjaga kesehatan mental (mental health) bagi siklus kehidupan manusia.

No health without mental health. Kesehatan mental merupakan bagian integral dari kesehatan, yang berdasarkan semboyan terkini diyakini bahwa tidak ada kesehatan tanpa kesehatan mental,” kata Kasandra saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa.

Kasandra menuturkan konstitusi Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya telah menyatakan bahwa kesehatan adalah suatu keadaan sejahtera baik secara fisik, mental dan sosial secara utuh dan bukan sekadar bebas dari suatu penyakit maupun kelemahan.

Baca juga: Psikolog klinis sebut penyebab seseorang terkena "post holiday blues"

Baca juga: Hindari kegiatan yang minim gerak agar mental sehat usai libur panjang


"Artinya, kesehatan mental lebih dari sekadar gangguan atau kecacatan mental yang diderita oleh seseorang ," katanya.

Terkait hal ini, ia menjelaskan bahwa kesehatan mental adalah keadaan sejahtera saat seseorang menyadari kemampuannya sendiri, dapat mengatasi tekanan hidup yang normal, dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya.

Di mana kondisi kesehatan mental seseorang ditentukan oleh berbagai faktor, antara lain faktor sosial ekonomi seperti pengalaman masa kecil atau kondisi keuangan keluarga, faktor biologis seperti adanya penyakit yang diderita akibat keturunan genetik dan faktor lingkungan.

Nantinya, kesehatan mental seseorang akan mempengaruhi kemampuan kolektif dan individu sebagai manusia untuk berpikir, mengeluarkan emosi, berinteraksi satu sama lain, mencari nafkah, dan menikmati hidup.

“Atas dasar ini, promosi, perlindungan, dan pemulihan kesehatan mental dapat dianggap sebagai perhatian penting bagi individu, komunitas, dan masyarakat di seluruh dunia,” kata Kasandra.

Dalam kesempatan itu, ia turut menambahkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan mental saat ini sudah jauh lebih baik.

Hal itu dapat terlihat dari berbagai strategi dan intervensi kesehatan masyarakat dan lintas sektoral yang hemat biaya terus diupayakan semua pihak terkait untuk meningkatkan, melindungi, dan memulihkan kesehatan mental masyarakat.

“Kesehatan mental merupakan komponen integral dan penting dari kesehatan,” ujar Kasandra.

Baca juga: Kiat menekan dampak penggunaan media sosial terhadap tingkat stres

Baca juga: Manfaat membereskan barang bagi kesehatan mental

Baca juga: Psikiater bagikan gejala stres akibat kerja

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024