"Kami telah mengambil langkah komprehensif untuk memastikan keamanan selama perayaan yang digelar pada Rabu (17/4) besok,"
Kabupaten Gorontalo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo bersama Polres Gorontalo memastikan keamanan selama perayaan tradisi Lebaran Ketupat di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Roni Sampir usai mengikuti rapat koordinasi pengamanan Lebaran Ketupat tahun 2024 di Polda Gorontalo, Selasa.

"Kami telah mengambil langkah komprehensif untuk memastikan keamanan selama perayaan yang digelar pada Rabu (17/4) besok," ucap Roni.

Langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dan Polres diantaranya pada 2 April 2024 telah membahas operasi kepolisian terpusat Ketupat Otanaha tahun 2024, termasuk pemetaan kerawanan terkait bencana dan kemacetan.

Ia mengatakan, pos penjagaan Hari Raya Ketupat Otanaha 2024 telah aktif sejak 4 April hingga 17 April. Pemerintah daerah juga melibatkan dinas terkait seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, dan Kesbangpol dalam pelaksanaan pengamanan.

"Fokus kami adalah mengatasi kemacetan, dan untuk itu kami telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh camat untuk membantu dalam pengaturan parkiran," ucap Roni.

Pemkab Gorontalo melakukan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk menyiapkan pelayanan kesehatan di enam pos, termasuk memastikan seluruh Puskesmas buka 24 jam. Masyarakat juga dapat mengakses layanan melalui pusat layanan 119 yang aktif 24 jam.

"Dengan langkah-langkah ini, kami berharap dukungan semua pihak untuk memberikan pelayanan yang baik selama perayaan Hari Raya Ketupat. Kami siap memberikan respon cepat atas segala kebutuhan dan keadaan darurat," kata Sekda.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024