Bandung (ANTARA) - Maestro seni rupa Indonesia sekaligus Guru Besar ITB Abdul Djalil (AD) Pirous akan dimakamkan di TPU Cibarunai, Sarijadi, Kota Bandung, usai almarhum diberikan upacara pelepasan jenazah di Kampus ITB.

"Iya (direncanakan demikian)," kata Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Naomi Haswanto dikonfirmasi di Bandung, Rabu.

Prosesi pemakaman di TPU Cibarunai pada Rabu ini dilaksanakan selepas almarhum didoakan dan dishalatkan di Masjid Salman pukul 09.00 WIB dan usai upacara pelepasan di Aula Timur ITB pukul 10.00 WIB.

AD Pirous dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (16/4) sekitar pukul 20.32 WIB di Rumah Sakit Borromeus, Bandung. Rumah duka berada di Jalan Bukit Pakar Timur II Nomor 111 Bandung.

Berdasarkan laman ITB.ac.id, lulusan Seni Rupa ITB tahun 1964 ini diangkat sebagai tenaga pengajar setelah lulus. Almarhum mengajar mata kuliah seni lukis, tifografi, dan kaligrafi.

Baca juga: Seniman Abdul Djalil Pirous tutup usia di Bandung

Almarhum pun merupakan pendiri, ketua, dan dosen senior Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual ITB. Tahun 1984, almarhum sempat menjabat sebagai dekan Seni Rupa dan Desain ITB.

Sosok kelahiran Meulaboh Aceh tahun 1932 ini pun telah menelurkan buku monografi yaitu "AD Pirous: Vision, Faith and Journey in Indonesian Art" dan buku kumpulan pemikiran AD Pirous (1960-2003).

Almarhum dikenal sebagai seniman dengan ciri khusus lukis modern dengan latar belakang karya Islam, yang menghasilkan berbagai karya sejak periode 1960-an.

Selain seni lukis AD Pirous dikenal sebagai seniman kaligrafi Arab, salah satu diantaranya merupakan kaligrafi Surat Al Ikhlas: Pure Faith pada 1970.

Almarhum juga membuat desain ornamen untuk Gedung Bank Indonesia (BI) di Padang dan menjadi salah satu tokoh berpengaruh di balik berdirinya masjid kampus pertama di Indonesia, Masjid Salman ITB.

Beberapa karyanya dipamerkan ratusan kali dalam pameran skala nasional dan internasional, termasuk pada The Biennale of Graphic Arts di Ljubljana, Yugoslavia, 1977, juga pameran tunggal dengan tajuk Pameran Retrospektif I untuk karya 1960-1985 di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta pada tahun 1985.

Baca juga: Catatan dalam kaligrafi A.D Pirous

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024