Jakarta (ANTARA) -
Beberapa berita humaniora di Tanah Air terjadi di Indonesia sepanjang Rabu (17/4), di antaranya, status Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, dari sebelumnya level III atau Siaga naik menjadi level IV atau Awas hingga tokoh seni Indonesia asal Aceh, Abdul Djalil Pirous atau yang dikenal AD Pirous meninggal dunia.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.
 
Gunung Ruang naik status menjadi Awas
 
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, dari sebelumnya level III atau Siaga menjadi level IV atau Awas.
 
Kepala PVMBG Hendra Gunawan mengatakan perubahan status itu terhitung mulai 17 April 2024 pukul 21.00 WITA dengan rekomendasi enam kilometer dari puncak.
 
Selengkapnya baca di sini.
 
Wapres gelar halal bihalal dengan pegawai dan wartawan
 
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menggelar halal bihalal dengan segenap pejabat dan pegawai Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Rabu (17/4).
 
Biro Pers Sekretariat Wakil Presiden dalam keterangannya di Jakarta, Rabu menyatakan acara tersebut merupakan momentum penting untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kerukunan di lingkungan Setwapres, terutama dalam suasana Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
Selengkapnya baca di sini.
 
Dokter jelaskan sejumlah dampak sering menahan pipis
 
Dokter dari Rumah Sakit Penyakit Infeksius Sulianti Saroso dr. Rizka Zainudin mengatakan, sebaiknya tidak menahan rasa pipis terlalu sering, karena banyak dampaknya bagi kesehatan, seperti anyang-anyangan.
 
Rizka menyebutkan, anyang-anyangan atau disuria adalah sensasi terbakar setelah berkemih, seperti ada yang mengganjal.
 
Selengkapnya baca di sini.
 
Menko PMK lapor ke Wapres, penanganan mudik 2024 cukup baik
 
Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan laporan kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin perihal penanganan layanan mudik 2024 yang berlangsung cukup baik.
 
"Tadi saya bersilaturahmi kepada Bapak Wapres, karena pada waktu awal Syawal saya belum sempat sowan beliau, termasuk melaporkan hal-hal yg paling aktual, terutama sesuai tugas saya mengkoordinasikan penanganan mudik 2024," kata Muhadjir Effendy di kediaman Wapres kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/4).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
Seniman Abdul Djalil Pirous tutup usia di Bandung
 
Tokoh seni Indonesia asal Aceh, Abdul Djalil Pirous atau yang dikenal AD Pirous meninggal dunia pada usia 92 tahun di Rumah Sakit Umum Borromeus Bandung, Selasa, 16 April 2024 pukul 20.32.
 
"Innalillahi wa innailahi rojiun, telah meninggal dunia guru kami Bapak AD Pirous di IGD RS Borromeus pada hari Selasa 16 April 2024 sekitar pukul 20.00," kata anak almarhum, Raihan Pirous dalam keterangan di Jakarta, Rabu (17/4).
 
Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024