Awalnya kami sedikit terkejut. Jujur, tadi kami sempat mengalami situasi tidak tenang. Pemain tegang dan akhirnya bermain terburu-buru terutama dibabak pertama,"
Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Timnas Indonesia U-23 Rahmad Darmawan (RD) menilai anak asuhnya sempat bermain kurang tenang sehingga kesulitan untuk mengalahkan Laos pada pertandingan perdana MNC Cup 2013.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis, Andik Vermansyah dan kawan-kawan baru mampu mencetak gol menjelang akhir babak pertama meski secara umum menguasai jalannya pertandingan.

"Awalnya kami sedikit terkejut. Jujur, tadi kami sempat mengalami situasi tidak tenang. Pemain tegang dan akhirnya bermain terburu-buru terutama dibabak pertama," kata Rahmad Darmawan usai pertandingan.

Dampak pemain yang kurang tenang, kata dia, membuat kontrol dan passing bola kurang akurat. Namun demikian, kelemahan dibabak pertama mampu diperbaiki dibabak kedua.

Jika dibabak pertama menggunakan formasi 4-2-3-1, Rahmad Darmawan mengubah formasi dibabak kedua dengan 4-4-2. Dilini depan memasang sejajar Sunarto dengan Ferinando Pahabol. Hasilnya serang lebih variatif. Begitu juga dengan masuknya Fandi Eko dan Dedi Kusnandar.

"Masuknya Fandi Eko cukup efektif. Dia cukup berani sehingga membuat pemain dilini kedua punya waktu untuk memberi dukungan," kata mantan pelatih Sriwijaya FC itu.

Masuknya Fandi Eko menggantikan Sunarto dan Dedi Kusnandar menggantikan Egi Melgiansyah berbuah dua gol yang diciptakan oleh Andik Vermansyah dan Alvin Tuasalamony. Sedangkan satu gol lagi diciptakan Ramdani diakhir babak pertama.

Pria yang akrab dipanggil RD ini menilai permainan anak asuhnya mulai ada peningkatan meski masih ada beberapa kelemahan yang harus segera diperbaiki.

Sementara pelatih Laos Kokichi Kimura mengaku secara umum anak asuhnya mampu mengimbangi permainan Indonesia terutama dibabak pertama. Permainan mulai menurun setelah terjadi gol menjelang babak pertama usai.

"Hasil tentu tidak bagus buat kami. Tapi kami akan mencoba memperbaiki kelemahan-kelamahan yang ada pada dua pertandingan berikutnya," katanya usai pertandingan.

Setelah menghadapi tuan rumah Indonesia, Laos pada pertandingan kedua akan berhadapi dengan Maladewa yang mampu menang atas Papua Nugini dipertandingan pertama. Sedangkan Indonesia melawan Papua Nugini.(*)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013