Untuk jumlah penumpang yang menggunakan kendaraan roda dua sebanyak 9.181 unit, roda empat 13.207 unit, bus 674 unit, dan truk kendaraan besar 1.785 unit
Lampung Selatan (ANTARA) - Pemilir berkendaraan roda dua yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Merak, Banten, pada H+6 Lebaran 2024 masih terus berdatangan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Para pemilir memakai kendaraan roda dua itu terus berdatangan hingga memadati kantong parkir dan Dermaga Reguler Pelabuhan Bakauheni sejak pagi hingga siang hari.

Pemilir di Pelabuhan Bakauheni ini terlihat mulai memadati tempat itu pada pukul 11.30 hingga 13.30 WIB.

Tidak hanya kendaraan roda dua yang memadati pelabuhan, nampak sejumlah kendaraan roda empat juga terus berdatangan hingga memadati kantong parkir Pelabuhan Bakauheni.

Sejumlah petugas kepolisian, TNI, dan petugas ASDP terlihat sibuk mengatur arus lalu lintas di dalam pelabuhan.

Baca juga: Penumpang pejalan kaki masih padati Pelabuhan Bakauheni H+6 Lebaran

General Manager PT ASDP Feri Indonesia Cabang Bakauheni Rudi Sunarko di Bakauheni, Rabu, mengatakan berdasarkan data 24 jam dari Posko ASDP Cabang Bakauheni, untuk jumlah kendaraan yang menyeberang dari Sumatera ke Pulau Jawa sebanyak 24.847 unit, turun dibandingkan hari sebelumnya sebanyak 36.136 kendaraan.

Ia menjelaskan penumpang kendaraan terbagi menjadi empat kendaraan yakni roda dua, roda empat, bus dan truk, serta kendaraan besar.

"Untuk jumlah penumpang yang menggunakan kendaraan roda dua sebanyak 9.181 unit, roda empat 13.207 unit, bus 674 unit, dan truk kendaraan besar 1.785 unit," katanya.

Rudi Sunarko mengimbau kepada para pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari. "Kami mengimbau untuk calon pemudik dari Sumatera ke Jawa yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," ujarnya.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket online kapal feri sejak 11 Desember 2023.

Baca juga: Pemilik tiket Bakauhen terbantu penyeberangan Pelabuhan Panjang
Baca juga: ASDP: Pemilik tiket Bakauheni dapat menyeberang via Pelabuhan Panjang
Baca juga: ASDP seberangkan 129.161 kendaraan pada periode 11-15 April 2024


Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024