Ambon (ANTARA) - Tiga bakal calon gubernur mengambil formulir pendaftaran di Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDIP) Maluku.

"Hari pertama pendaftaran calon kepala daerah gubernur dan wakil gubernur Maluku pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) sudah ada tiga bakal calon gubernur, dan satu bakal calon wakil gubernur yang mengambil formulir, " kata Sekretaris tim penjaringan , Nancy Purmiasa, Rabu.

Ia menyatakan, baru ambil formulir belum mendaftar, sudah mendaftar kalau sudah mengembalikan formulir.

Saat pengambilan formulir, diwakili tim pemenangan yang hadir ke kantor DPD PDIP Maluku.

Pihak yang mengambil formulir diperkenankan diwakili, namun harus dengan surat kuasa atau mandat dari bakal calon.

Proses pengambilan dan pengembalian formulir pendaftaran berlaku selama 14 hari ke depan yakni 17- 30 April 2024.

"Hal ini juga berlaku serentak di 11 kabupaten/kota di Maluku, di tingkat DPD untuk bakal calon gubernur-wakil gubernur dan di DPC untuk bakal calon bupati/wali kota dan wakil bupati/wakil wali kota," katanya.

Saat pengambilan formulir, perwakilan bakal calon gubernur Jeffry Apoly Rahawarin (JAR) yang pertama yang datang, dan diterima tim penjaringan dan penyaringan DPD PDIP Perjuangan Maluku.

Formulir berisi syarat pendaftaran diserahkan tim penjaringan ke perwakilan. Mewakili tim relawan JAR bersyukur jadi yang pertama datang ke PDI Perjuangan.

Selanjutnya bakal calon gubernur Febry Calvin Tetelepta (FCT) mengutus perwakilan, Victor Palijama mengambil formulir pendaftaran.

Dirinya mengakui diberi mandat mengambi formulir pendaftaran dan pada saat pengembalian formulir, bakal calon gubernur FCT akan datang sendiri ke Sekretariat DPD PDI Perjuangan Maluku.

Selang beberapa waktu bakal calon gubernur, Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI Said Latuconsina, melalui Sekretaris tim pemenangan, Samsul Notanubun menyambangi markas banteng untuk mengambil formulir pendaftaran.

Selain tiga bakal calon gubernur, salah satu bakal calon wakil gubernur, Abdullah Vanath mengirim utusan, Samson Yasir Alkatiry untuk mengambil formulir ke tim penjaringan dan penyaringan DPD PDI Perjuangan.
Baca juga: PDIP apresiasi pencapaian kemenangan Pilkada Maluku dan Maluku Utara
Baca juga: DPP PDI Perjuangan tunjuk Benhur Watubun Ketua DPD Maluku

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024