Beberapa pelayanan mengalami perbaikan dibandingkan tahun
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan laporan kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin perihal penanganan layanan mudik 2024 yang berlangsung cukup baik.

"Tadi saya bersilaturahmi kepada Bapak Wapres, karena pada waktu awal Syawal saya belum sempat sowan beliau, termasuk melaporkan hal-hal yg paling aktual, terutama sesuai tugas saya mengkoordinasikan penanganan mudik 2024," kata Muhadjir Effendy di kediaman Wapres kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir selaku koordinator pelayanan mudik 2024 menyampaikan kepada Wapres hasil evaluasi sementara dari sejumlah kementerian/lembaga terkait.

"Tadi saya laporkan mudik tahun ini berdasarkan hasil evaluasi sementara oleh kementerian/lembaga terkait termasuk TNI-Polri, penanganannya cukup baik, tapi tentu saja penilaian nanti dari masyarakat," katanya.

Baca juga: Kemenhub tetap evaluasi penanganan mudik agar 2024 lebih baik
Baca juga: Polda Jabar cegah macet parah di Puncak pada Lebaran 2024


Laporan yang disampaikan Muhadjir meliputi kejadian kecelakaan yang memicu korban meninggal dan cedera. Selain itu, Muhadjir juga menyampaikan sejumlah bahan evaluasi dari penyelenggaraan mudik tahun ini.

"Beberapa pelayanan mengalami perbaikan dibandingkan tahun lalu. Misalnya jumlah kecelakaan mengalami penurunan, jumlah korban meninggal yang menurun, korban cedera juga turun," katanya tanpa menyebut angka dari kejadian itu.

Menurut Muhadjir penurunan angka kecelakaan pemudik di tahun ini juga selaras dengan nominal santunan bagi para korban dari PT Jasa Raharja yang turun sekitar 52 persen dari periode yang sama tahun lalu.

"Laporan dari Dirut Jasa Raharja santunan yang dikeluarkan dibanding tahun lalu juga mengalami penurunan sekitar 52 persen," katanya.

Baca juga: AP: Pergerakan penumpang pada puncak arus balik capai 186.774 orang
Baca juga: Pemilir harapkan mekanisme pengamanan arus mudik dievaluasi


Dalam kesempatan itu, Muhadjir juga melaporkan sejumlah kejadian yang menonjol selama pelaksanaan mudik, yakni tabrakan di jalur contra flow KM58 Tol Jakarta Cikampek, Senin (8/4), yang menyebabkan 12 orang dalam satu kendaraan meninggal dunia.

Kejadian lainnya adalah kecelakaan bis Rosalia Indah di KM370A Jalan Tol Semarang-Batang, Kamis (11/4), yang menyebabkan tujuh penumpang tewas.

"Itu saja peristiwa yang cukup menonjol. Untuk kejadian yang lain sangat biasa saja. Artinya tidak ada yang istimewa," katanya.

Baca juga: Bandara Halim kerja sama dengan maskapai bantu difabel selama Lebaran
Baca juga: Menko PMK: Penanganan mudik 2024 lebih baik dibanding tahun lalu
Baca juga: KAI Daop 6 memastikan keandalan operasional KA

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024