Kami juga memiliki petugas khusus untuk mengecek dan memantau jalur KA agar selalu andal digunakan.
Solo (ANTARA) - PT KAI Daop 6 Yogyakarta berupaya memastikan keandalan operasional kereta api (KA), salah satunya dengan mengecek jalur yang tersedia.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro, di Solo, Jawa Tengah, Senin, mengatakan kereta api merupakan moda transportasi yang memiliki jalan tersendiri, sehingga perjalanannya bebas dari kemacetan yang pada arus milir kali ini cukup tinggi.

"Kami juga memiliki petugas khusus untuk mengecek dan memantau jalur KA agar selalu andal digunakan," katanya.

Ia mengatakan tidak hanya jalur atau prasarana, tetapi juga dari sisi sarana.

"Baik rangkaian kereta, bangunan dan fasilitas stasiun, serta keamanan di seluruh wilayah bisnis memiliki teknisi atau petugasnya masing-masing," katanya lagi.

Sementara itu, katanya lagi, pada Minggu (14/4), jumlah pelanggan kereta api jarak jauh yang naik atau berangkat dari stasiun di bawah Daop 6 Yogyakarta, yakni mencapai 28.186 orang.

Ia mengatakan jumlah tersebut merupakan keberangkatan tertinggi pada masa Angkutan Lebaran 2024, yakni mulai dari tanggal 1 Maret-21 April.

Ia mengatakan pada hari itu di Stasiun Yogyakarta memberangkatkan sebanyak 11.106 pelanggan, disusul Stasiun Solobalapan memberangkatkan 5.461 pelanggan, Stasiun Lempuyangan yang memberangkatkan 3.882 pelanggan, dan Stasiun Klaten memberangkatkan 3.163 pelanggan.

Untuk keberangkatan pada hari ini pihaknya memperkirakan masih akan tinggi, yakni di kisaran 23.000 penumpang.

Dia memperkirakan tingginya jumlah penumpang tersebut, salah satunya karena Yogyakarta dan Solo memiliki sejumlah objek wisata sehingga banyak orang memanfaatkan untuk liburan.
Baca juga: Kepadatan penumpang masih terlihat di stasiun Daop Jember
Baca juga: Arus balik Lebaran 2024 di stasiun Daop Madiun pada H+4 masih tinggi

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024