Jalur destinasi wisata yang  disiapkan difokuskan kepada pulau-pulau berpenduduk yang ada
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu menyiapkan jalur destinasi wisata ke daerah kepulauan tersebut sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisata.

"Jalur destinasi wisata yang  disiapkan difokuskan kepada pulau-pulau berpenduduk yang ada," kata Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan jalur ini akan memanfaatkan fasilitas yang sudah tersedia di masing-masing pulau seperti di Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Pramuka, dan lainnya.

"Kita siapkan payung hukumnya untuk mendukung jalur destinasi wisata sehingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada bisa mendukung untuk pengembangan ke depannya," kata dia.

Menurut dia kehadiran jalur destinasi wisata bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat, sehingga membantu meningkatkan perekonomian.

"Kita siapkan jalur destinasi wisata di Kepulauan Seribu, sehingga bisa mendukung pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)," kata dia.

Sebelumnya Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu mencatat 15.478 wisatawan mancanegara dan nusantara masih memadati wilayah Kepulauan Seribu, untuk memanfaatkan momen libur Lebaran.

"Puncak kunjungan wisatawan di wilayah Kepulauan Seribu diprediksi terjadi pada 13-14 April 2024," kata Kepala Seksi Atraksi Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Sudin Parekraf Kepulauan Seribu, Ahmad Farihin.

Wilayah Kepulauan Seribu memang menawarkan berbagai destinasi menarik untuk dikunjungi wisatawan, selain karena akses yang mudah dijangkau dari beberapa dermaga, Kepulauan Seribu juga menawarkan fasilitas yang memanjakan para pengunjung, mulai dari pondokan (homestay), resort, wisata bahari, wisata edukasi, dan lainnya.

"Wisatawan juga bisa dengan mudah mengakses berbagai pulau yang ada di Kepulauan Seribu, seperti pulau-pulau penduduk, pulau resort, pulau cagar alam, dan pulau wisata," kata dia.
Baca juga: Sudin LH Kepulauan Seribu angkut 15 ton sampah selama libur Idul Fitri
Baca juga: Pemkab kembali aktifkan layanan terpadu setelah libur Idul Fitri
Baca juga: Dishub angkut 3.000 orang ke Kepulauan Seribu selama libur Lebaran

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024