Toboali, Babel, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggencarkan promosi destinasi wisata unggulan melalui kegiatan "bekecak".

"Behame kite pacak (bekecak) atau bersama kita bisa merupakan agenda wisata setiap tahun dalam rangka mempromosikan destinasi wisata untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan," kata Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid di Toboali, Rabu.

Kegiatan bekecak pariwisata Bangkal Selatan ini dikemas dalam bentuk pasar UMKM, pergelaran seni tradisional, panggung hiburan dan pameran produk kreatif.

"Kegiatan ini kita kemas secara matang sehingga mampu menarik minat masyarakat lokal dan para wisatawan untuk hadir," ujarnya.

Bupati berharap kegiatan bekecak pariwisata mampu menjadi agenda tahunan yang dikenal masyarakat luas, tidak hanya masyarakat lokal tetapi hingga luar daerah.

"Tentu saja kita ingin tujuan dari kegiatan ini bisa tercapai yaitu menggeliatkan sektor kepariwisataan dan ekonomi masyarakat lokal," ujarnya.

Kendati hanya digelar tiga hari, namun kata bupati mampu menjadi wadah bagi pelaku UMKM dalam menggelar produk unggulan mereka.

"Setidaknya ekonomi pelaku UMKM berputar cukup kencang dan pemerintah daerah juga bisa mengenalkan potensi daerah terutama potensi wisata kepada masyarakat yang datang dari berbagai daerah," ujarnya.

Riza berharap kegiatan tersebut terus dipertahankan, tingkatkan dan dikemas lebih baik lagi di tahun mendatang.

"Kemas kegiatan bekecak ini lebih kreatif dan inovatif, sehingga orang merasa tertarik dan terus ditunggu setiap tahun," ujarnya.

Baca juga: Kebun karang PT Timah jadi destinasi wisata bawah laut Bangka

Baca juga: Sandiaga Uno: Budaya Kampoeng Melayu Bangka mampu promosikan wisata

Pewarta: Ahmadi
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024