Manado (ANTARA) - Polda Sulawesi Utara mengirimkan personel Polri dan logistik guna membantu penanganan serta melakukan evakuasi terhadap warga terdampak erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

"Hari ini Kamis, 18 April 2024, personel sudah diberangkatkan melalui Dermaga Polairud Polda Sulut dengan menggunakan empat unit kapal KP Safe Boat milik Ditpolairud Polda Sulut," kata Wakapolda Sulut Brigjen Pol Bahagia Dachi saat melepas keberangkatan personel di Dermaga Ditpolairud Polda Sulut, Kamis.

Personel yang diberangkatkan terdiri atas 17 personel Ditpolairud dan 10 personel medis Biddokkes Polda Sulut.

Sedangkan personel Brimob sebanyak 30 orang diberangkatkan dengan menggunakan Kapal KRI Kakap 811 melalui Dermaga Satrol AL Samuel Languyu, Bitung.

Polda Sulut juga mengirimkan bantuan sembako, antara lain 1 ton beras, 30 dus mie instan, 50 baki telur dan 48 dus ikan kaleng.

"Personel Polda Sulut akan membantu personel Polres Kepulauan Sitaro, pemda dan TNI setempat untuk melakukan evakuasi dan penanganan terhadap warga yang terdampak erupsi Gunung Ruang," kata Wakapolda yang saat itu didampingi sejumlah pejabat utama Polda Sulut.

Sebelumnya penanganan awal sudah dilakukan oleh Polres Kepulauan Sitaro bersama TNI dan pemerintah daerah beserta instansi terkait lainnya.

Masyarakat di sekitar Gunung Ruang juga diminta untuk tetap waspada dan mengikuti arahan dari pihak berwenang.

"Masyarakat diminta tidak ada yang mendekat ke lokasi bencana. Personel supaya memberikan pertolongan yang terbaik kepada masyarakat yang mungkin masih ada di sekitar lokasi bencana, " katanya.

Ia menambahkan Polda Sulut bersama dengan pihak terkait akan terus memantau perkembangan situasi guna memastikan keamanan dan keselamatan masyarakat.

"Kita dari kepolisian siap membantu dan mengamankan proses evakuasi," kata Wakapolda.

Baca juga: BNPB: 1.585 orang warga harus dievakuasi pasca-erupsi Gunung Ruang

Baca juga: BMKG imbau warga kurangi aktivitas luar bahaya abu Gunung Ruang

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024