Surabaya (ANTARA News) - Tim Persebaya Surabaya yang sedang mempersiapkan diri menghadapi kompetisi Indonesia Super League 2014 mewajibkan seluruh pemain untuk menjalani tes kesehatan secara menyeluruh guna memastikan kondisi mereka yang sebenarnya.

Direktur Olahraga Persebaya Dhimam Abror Djuraid di sela-sela meninjau latihan tim di Lapangan Menanggal, Surabaya, Sabtu, mengatakan tes kesehatan dijadwalkan di RS Dr Soetomo Surabaya mulai Senin (25/11) dan tahap awal bagi pemain yang sudah bergabung dalam latihan.

"Tes kesehatan suatu keharusan bagi pemain profesional dan kami juga tidak ingin terjadi sesuatu yang fatal terhadap pemain. Tidak ada pengecualian, semua pemain harus ikut tes kesehatan, termasuk pemain yang sekarang membela timnas," katanya.

Abror yang didampingi Asisten Manajer Persebaya Amran Said Ali, mengatakan tes kesehatan sangat penting untuk memastikan ada tidaknya gejala penyakit atau cedera pada pemain, sehingga bisa dilakukan langkah antisipasinya.

"Hasil tes kesehatan tidak dipublikasikan secara umum, karena yang boleh tahu hanya pengurus dan pelatih. Nanti juga akan jadi bahan evaluasi dan masukan bagi pelatih," tambah Abror.

Kendati belum dilakukan tes kesehatan, mantan Ketua Pengprov PSSI Jawa Timur itu merasa yakin pemain-pemain yang direkrut Persebaya tidak mengalami masalah dengan kesehatan atau cedera, karena sebelumnya sudah dipantau.

"Tapi, kalau memang nanti diketahui ada pemain yang kondisi kesehatan bermasalah atau cedera parah, bisa kita pertimbangkan lagi perekrutannya," ujarnya.

Asisten pelatih Persebaya Tony Ho sangat mendukung langkah manajemen tim melakukan tes kesehatan bagi pemain, demi kepentingan tim menghadapi kompetisi ISL musim depan.

"Dengan begitu, tim pelatih bisa mengetahui sedini mungkin kondisi setiap pemain. Jangan sampai ketika kompetisi sudah jalan, ada pemain yang mengalami masalah dengan kesehatan," kata Tony, yang sebelumnya sukses mengantar Persebaya promosi ke ISL.

Sementara itu, sesi latihan Persebaya yang diikuti sebanyak 17 pemain, termasuk tiga pemain seleksi dari klub internal, masih difokuskan pada peningkatan kondisi fisik sebelum masuk ke tahap taktik.

Dua dari 14 pemain yang sudah diikat prakontrak, yakni Vava Mario Yagalo dan Zainal Haq, harus menjalani sesi latihan terpisah dari rekan-rekannya, karena sedang dalam masa pemulihan dari cedera.

Selain keduanya, pemain yang sudah bergabung antara lain Ferry Rotinsulu, Jendri Pitoy, Thomas Rian Bayu (ketiganya kiper), M Ilham, Leo Saputra, Aburahman Lestaluhu, Ambrizal, Novri Setiawan, Akbar Rasyid, Ari Supriatna, Firmansah, dan Febry Hamzah. 

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013