Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mengatakan bahwa tradisi Lebaran Ketupat dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah mendukung terwujudnya semangat persaudaraan dan kebersamaan.

"Kita sebenarnya harus bersyukur sebagai bangsa Indonesia dianugerahi karakter dan jati diri yang sangat menjunjung tinggi persaudaraan dan kebersamaan. Di tambah lagi, banyak sekali tradisi luar biasa yang mendukung terwujudnya hal itu, salah satunya tradisi Lebaran Ketupat ini," kata Fadel dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Hal itu disampaikan-nya saat menjadi narasumber utama acara Sarasehan Kehumasan MPR RI bertema "Membangun Komunitas yang Kuat dengan Cara Mempererat Silaturahmi dan Persaudaraan", kerja sama MPR dengan Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI) Provinsi Gorontalo, di Kota Gorontalo, Selasa (16/4).

Dia menilai perayaan Lebaran Ketupat merupakan momentum yang tepat bagi seluruh elemen bangsa untuk merenung dan kembali introspeksi diri tentang upaya persatuan demi mewujudkan kesejahteraan bersama.

Mantan Gubernur Gorontalo itu pun menjabarkan bahwa kebersamaan yang ada pada tradisi Lebaran Ketupat sesuai dengan implementasi Empat Pilar MPR RI yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Baca juga: Wakil Ketua MPR imbau semua pihak untuk merawat persatuan

Baca juga: Pemprov Gorontalo pastikan layanan publik saat lebaran ketupat

Baca juga: Polri siap amankan berbagai agenda nasional usai libur Lebaran


Di sisi lain, Fadel juga mengapresiasi sekali penyelenggaraan kegiatan Sarasehan Kehumasan MPR RI yang ternyata banyak diikuti oleh generasi muda.

"Generasi muda memang sudah semestinya memahami tentang kebangsaan salah satunya seputar lembaga MPR RI sebagai rumah besarnya rakyat," ucap pimpinan MPR dari Kelompok DPD RI itu.

Selain paparan materi dari narasumber yang kompeten, acara tersebut juga diisi tanya jawab dan dialog interaktif.

Sebagaimana diketahui, acara Sarasehan Kehumasan MPR RI merupakan program yang bertujuan untuk lebih memperkenalkan lembaga MPR RI dan semua produk-produknya dengan target peserta seluruh elemen masyarakat, terutama generasi muda bangsa.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024