Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi Salesforce menghadirkan inovasi AI (Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan) dan Data Cloud terbaru untuk membantu bisnis suatu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas, memperdalam hubungan dengan pelanggan, dan mendorong keuntungan yang lebih tinggi. 

“Inovasi terbaru kami memungkinkan pelanggan menyatukan data CRM mereka dengan data pelanggan yang ada di sistem perusahaan dan sistem lama tanpa harus memindahkan atau menyalin data tersebut, sehingga dapat mendorong AI lebih baik dalam proses kerja yang lebih natural,” kata Senior Vice President dan General Manager Salesforce ASEAN Sujith Abraham, dikutip dari keterangan persnya, Kamis.

Ada sejumlah inovasi AI dan Data Cloud yang dihadirkan oleh Salesforce saat ini, yaitu Einstein Copilot, Einstein 1 Studio, dan Rilis Data Cloud Spring ‘24. Inovasi Enstein Copilot merupakan asisten AI baru yang dapat dipersonalisasikan, berbasis percakapan, dan bekerja secara generatif untuk CRM. 

Baca juga: Nokentech gandeng Salesforce latih 100 pemuda Papua di Jayapura

Einstein Copilot telah terintegrasi di seluruh aplikasi Salesforce untuk memberikan pengalaman pengguna yang konsisten dalam menjawab pertanyaan, menghasilkan konten, dan mengotomatisasi tindakan apa pun guna memberikan produktivitas yang lebih baik.

Menariknya, Einstein Copilot memungkinkan pengguna Salesforce menghasilkan respons dengan menggunakan data pribadi dan tepercaya milik mereka sendiri, sambil tetap menjalankan tata kelola data yang ketat tanpa memerlukan pelatihan model AI yang mahal.

Hal ini dilakukan dengan menggabungkan UI berbasis percakapan atau large language model (LLM), data perusahaan, dan memanfaatkan kemampuan AI generatif di dalamnya.

Baca juga: Salesforce tambahkan ChatGPT ke Slack, bagian dari kemitraan OpenAI

Selain itu, ada inovasi Einstein 1 Studio atau perangkat teknologi low-code yang memungkinkan admin dan pengembang mempersonalisasi Einstein Copilot. Inovasi ini juga dapat mengintegrasikan AI di aplikasi apa pun untuk memudahkan pelanggan.

Einstein 1 Studio dilengkapi Copilot Builder untuk membuat sejumlah tindakan AI khusus guna menyelesaikan berbagai tugas bisnis tertentu. Inovasi tersebut juga dilengkapi Prompt Builder untuk membangun dan mengaktifkan perintah khusus dalam alur kerja, serta Model Builder untuk membuat atau mengimpor berbagai model AI. 

Baca juga: Perkuat keamanan, Zoom gandeng mantan eksekutif Salesforce

Inovasi lainnya dari Salesforce adalah Rilis Data Cloud Spring ‘24 yang mencakup fitur-fitur terbaru untuk menjadikan data di Data Cloud lebih mudah digunakan di seluruh aplikasi CRM dan layanan platform Salesforce. 

Fitur-fitur dari inovasi tersebut, yaitu Data Cloud Related Lists, Data Cloud Copy Fields, Data Spaces, dan Model Builder yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan data dari sumber data apa pun dan menggunakannya dalam aplikasi yang dibutuhkan pengguna bisnis setiap hari. 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi laman situs resmi mereka di www.salesforce.com. 

Baca juga: Teknologi yang bakal mendominasi di 2024

Baca juga: Cloud Ace Indonesia dan Mixpanel kolaborasi tawarkan solusi analitik

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024