Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menilai investasi dari perusahaan teknologi global membuka banyak peluang di Indonesia, antara lain transfer teknologi, lapangan kerja, dan pengembangan inovasi.

"Terus terang akan berdampak banyak, baik transfer teknologi, pembukaan lapangan kerja dan juga memberikan berbagai inovasi dan kreativitas dari generasi muda kita," kata Menkominfo Budi dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Raksasa teknologi dunia Apple baru saja mengumumkan minat mereka berinvestasi di Indonesia. Melihat banyaknya dampak bagi Indonesia, Pemerintah mendorong perusahaan tersebut membangun pusat inovasi teknologi digital dengan menggandeng minimal tiga kampus di Indonesia.

Baca juga: Menko Luhut ungkap Apple tertarik investasi bidang AI di IKN

Keberadaan akademi dari perusahaan teknologi dinilai dapat meningkatkan kapasitas pengembang muda Indonesia. Akademi, kata Menteri Budi, juga bisa mendukung Program Digital Talent Scholarship yang dikembangkan Kementerian Kominfo.

"Metode belajar mereka itu short course (kursus singkat) yaitu sekitar sembilan bulan dan basis pendidikannya itu challenge basic learning yang tantangan berkreasi menciptakan berbagai aplikasi yang bisa digunakan dalam kehidupan masyarakat baik ekonomi, sosial dan sebagainya," jelas dia.

Menkominfo juga menilai talenta muda perlu memanfaatkan peluang pendidikan tersebut untuk mengembangkan kreativitas dan memberi nilai tambah bagi kemajuan teknologi pada masa depan.

Baca juga: CEO Apple Tim Cook kunjungi Apple Developer Academy BSD City

Minat perusahaan teknologi global berinvestasi di Indonesia juga didasari Indonesia memiliki potensi menjadi negara maju pada masa depan. Demografi penduduk Indonesia, adalah 65 persen anak muda.

"Karena itulah kita juga meyakinkan kepada seluruh pemain-pemain global untuk berinvestasi di Indonesia," ujarnya.

Jika perusahaan teknologi meyakini Indonesia bisa menjadi negara maju, maka masyarakat perlu menjadi lebih optimistis.

"Harusnya kita sebagai anak bangsa juga lebih optimis lagi. Kita akan bisa menjadi negara maju dan menjadi bagian penting dari global supply chain (rantai pasok global) untuk produk-produk teknologi," kata Budi Arie.

Baca juga: Rencana Apple dipandang punya efek limpahan kepada Indonesia

Baca juga: Pengamat: Penting kemitraan dengan perusahaan teknologi di bidang SDM

 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024