Jakarta (ANTARA) - AS Roma lolos ke semifinal Liga Europa 2023/24 setelah menang 2-1 lawan AC Milan dalam pertandingan leg kedua perempat final di Stadion Olimpico pada Jumat dini hari WIB.

Giallorossi melaju ke empat besar dengan agregat 3-1.

Skuad Daniele De Rossi berhasil meraih kemenangan 1-0 dalam pertandingan leg pertama di San Siro pekan lalu.

Di leg kedua, Roma unggul dua gol lebih dahulu lewat aksi Gianluca Mancini dan Paulo Dybala. Milan hanya bisa membalas satu gol di babak kedua melalui Matteo Gabbia, demikian yang dikutip laman resmi UEFA.

Gol pembuka Roma terjadi pada menit ke-12.
Bermula dari tembakan keras Pellegrini yang membentur tiang, bola rebound mengarah ke Mancini yang menceploskan ke gawang. Roma 1-0 Milan.

Pada menit ke-22, Roma mencetak gol kedua melalui kaki Dybala. Berawal dari umpan tarik Lukaku di sisi kanan, bola diterima Dybala di area terbuka sebelum melepaskan tendangan melengkung ke tiang jauh. Skor menjadi 2-0.

Baca juga: Pioli pastikan Milan belajar dari leg pertama untuk menang di Roma

Pada menit ke-31, Roma harus bermain dengan 10 orang setelah Zeki Celik dihukum kartu merah langsung usai menjatuhkan Leao.

Milan bermain ofensif di babak kedua, tetapi Roma bertahan solid dalam membendung serangan tim tamu.

Rossoneri baru bisa mencetak gol pada menit ke-85. Umpan Leao sukses dituntaskan oleh Gabbia menjadi gol. Roma 2-1 AC Milan.

AC Milan tidak berhasil membalikkan kedudukan di sisa waktu. Skor 2-1 untuk kemenangan AS Roma bertahan hingga pertandingan berakhir.

Skuat asuhan Daniele De Rossi tersebut mengamankan tiket ke semifinal Liga Europa 2023/24 dengan agregat 3-1.


Baca juga: Ringkasan leg pertama 16 besar Liga Europa: Liverpool, Roma pesta gol

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024