Jakarta (ANTARA) - Bayer Leverkusen lanjut ke semifinal Liga Europa 2023/24 meski bermain imbang 1-1 lawan West Ham United di leg kedua perempatfinal di London Stadium pada Jumat dini hari WIB.

Hasil itu cukup meloloskan Die Werkself ke semifinal dengan agregat 3-1.
 
Leverkusen sebelum telah meraih kemenangan 2-0 di pertandingan leg pertama pekan lalu. Sedangkan di leg kedua, West Ham membuka keunggulan melalui gol Michail Antonio sebelum Leverkusen mencetak gol balasan berkat Jeremie Frimpong, demikian yang dikutip laman resmi UEFA.
 
West Ham berhasil menjebol gawang Leverkusen saat pertandingan berjalan 13 menit. Permainan kerja sama diakhiri dengan umpan silang Coufal ke Antonio, yang menaklukkan kiper Lukas Fabianski dengan sundulannya. Skor menjadi 1-0.
 
West Ham mendominasi sejumlah serangan usai unggul. Beberapa peluang didapat Muhammad Kudus dan Antonio, tetapi belum bisa menambah gol lagi.
 
Serangan West Ham United hingga akhir babak pertama belum bisa menambah keunggulan. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.
   
Di babak kedua, Leverkusen coba mengambil inisiatif serangan. Florian Wirtz dan Jonathan Tah sempat mengancam gawang West Ham, tetapi belum membuahkan hasil.
 
Gawang West Ham akhirnya kemasukan setelah terus menahan gelombang serangan Leverkusen.
 
Pada menit ke-89, Jeremie Frimpong bisa meneruskan umpan Josip Stanisic menjadi gol lewat sepakan kaki kirinya dari sisi kanan kotak penalti. Skor 1-1 bertahan hingga laga bubar.
 
Hasil ini meloloskan Bayer Leverkusen ke semifinal Liga Europa dengan keunggulan agregat 3-1.
 
Di semifinal, Leverkusenn akan menantang AS Roma yang bisa menyingkirkan AC Milan.
 
Skuat asuhan Xabi Alonso, yang baru mengklaim titel Bundesliga, juga masih mempertahankan rekor tidak terkalahkannya musim ini.


Baca juga: Dua gol di penghujung laga bawa Bayer Leverkusen menang atas West Ham

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024