Jakarta (ANTARA) - Lebaran menjadi momen membahagiakan bagi umat Islam di seluruh dunia. Namun, tidak jarang momen spesial ini juga membawa dampak yang mengkhawatirkan bagi keuangan.

Walaupun mendapat beberapa pemasukan tambahan seperti THR atau bahkan bonus, tidak sedikit dari Anda yang merasa kelimpungan ketika mengatur keuangan saat Lebaran usai.

Kunci utama agar keuangan tetap terjaga setelah Lebaran adalah dengan membuat rencana finansial yang matang. Sebagai awal, Anda dapat melakukan evaluasi dengan mencatat serta menghitung semua pemasukan dan pengeluaran.

Baca juga: Tips menata kembali keuangan dengan investasi di BRImo

Setelah itu dari sisa uang yang ada, buat anggaran baru sampai gajian berikutnya datang. Terakhir, Anda harus disiplin untuk menerapkan anggaran yang sudah diperhitungkan sebelumnya.

Mengelola finansial setelah Lebaran bukan hanya memperhitungkan soal pengeluaran dan pemasukan. Momen ini juga dapat Anda manfaatkan untuk mulai membangun kebiasaan baik, salah satunya menabung.

Pentingnya kembali menabung setelah Lebaran

Menabung seringkali disepelekan oleh banyak orang. Padahal, kebiasaan ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi kehidupan. Bukan hanya soal menyimpan uang, tetapi menabung juga tentang melatih disiplin dan mempersiapkan diri untuk menghadapi masa depan yang tidak terduga.

Setelah Lebaran, Anda dapat memulai kembali kebiasaan menabung yang mungkin sempat terhenti. Menabung tentunya tidak perlu langsung dalam jumlah besar. Mulailah dengan menyisihkan uang yang kecil terlebih dahulu, dan secara bertahap tingkatkan jumlahnya seiring dengan kemampuan Anda.

Memiliki tujuan yang jelas juga akan membantu Anda lebih termotivasi untuk menabung. Apakah Anda ingin menabung untuk membeli gadget baru, liburan, atau dana darurat? Tetapkan target yang realistis dan buatlah rencana untuk mencapainya.

Selain itu, tempat menabung tepat juga dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan nyaman dalam menyimpan uang. Maka dari itu, simpan uang Anda di tabungan BRI yang sudah dipercaya oleh jutaan orang Indonesia.

Baca juga: Kini bisa buka tabungan BRI di luar negeri

Buka tabungan BRI di BRImo, cepat dan mudah!

Kini, Anda tidak perlu repot-repot lagi datang ke kantor cabang untuk membuka tabungan BRI. Cukup download BRImo dan lakukan pembukaan tabungan kapan saja dan di mana saja. Berikut langkahnya:

1. Buka BRImo di smartphone Anda.
2. Klik "Belum Punya Akun" dan "Buka Rekening", lalu pilih jenis rekening.
3. Lakukan foto KTP, isi data diri, dan perekaman wajah.(pada saat perekaman wajah pastikan tidak backlight, cukup cahaya dan wajah tidak terhalang apapun)
4. Buat username dan password BRImo.
​​5. Rekening BRI siap dan BRImo sudah aktif.

Selain kemudahan dalam membuka rekening, Anda juga dapat merasakan beberapa keuntungan lainnya. Mulai dari setoran pembukaan rekening dari Rp 50.000, biaya administrasi terjangkau (mulai Rp 5.500), transaksi real time online, dan aksesibilitas kartu debit di jaringan ATM Bersama, Link, Prima Cirrus, Maestro, serta Mastercard baik di dalam maupun luar negeri.

Mudah dan menguntungkan sekali, bukan? Yuk, download BRImo di Google Play Store, App Store, dan Huawei App Gallery sekarang untuk merasakan kemudahan bertransaksi perbankan dalam genggaman serta dapatkan informasi menarik lainnya di Instagram @bankbri_id.

Baca juga: Investasi Tabungan Emas, Aman dan Terjamin lewat Aplikasi BRImo

Baca juga: Jaga keamanan tabungan, BRI ajak nasabah ubah data pribadi secara berkala


Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024